Peran Perkumpulan Penyandang Disabilitas (PPD) Dalam Pembangunan Kota Medan

Hairani Siregar, Berlianti Berlianti

Abstract


Penyandang disabilitas memiliki keterbatasan yang tidak jarang membuat mereka mengalami kehilangan kesempatan untuk mendapatkan hak sebagai warga negara. Penyandang disabilitas di Indonesia banyak yang tidak mendapatkan kesempatan untuk memiliki pekerjaan dan kesulitan untuk memperoleh akses pendidikan dan akses publik lainnya. Oleh karena itu, diperlukannya peran Perkumpulan Penyandang Disabilitas (PPD) DPC – Kota Medan sebagai “Rumah Kedua” dan wadah penyalur asprasi mereka. Akan tetapi, dalam upaya mendukung pembangunan Kota Medan, penyandang disabilitas masih kurang dilibatkan

Keywords


Penyandang, Disabilitas, Kota Medan

Full Text:

PDF

References


Agustina, L. (2009). Pengaruh Konflik Peran, Ketidakjelasan Peran, dan Kelebihan Peran terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Audit (Penelitian pada Kantor Akuntan Publik yang Bermitra dengan Kantor Akuntan Publik Big Four di Wilayah DKI Jakarta). Jurnal Akunransi. 1(1).

Biddle, B.J. (1986). Recent Developments in Role Theory. Annual Reviews Sociology, 12:64-92.

Harahap, Rahayu Respindowaty dan L.L.M Bustanuddin. (2015). Perlindungan Hukum terhadap Penyandang Disabilitas Menurut Convention on The Rights of Persons With Disabilities (CRPD). Jurnal Inovatif. 3(1).

Heryana, Ade. (2020). Organisasi dan Teori Organisasi. Tangerang: Aheryana Institute.

Kartono, Drajat Tri dan Hanif Nurcholis. (2019). Pembangunan Masyarakat Desa dan Kota. Modul 1 Konsep dan Teori Pembangunan. Universitas Terbuka.

Mutiah, Azmi Anti. (2018). Peran Komunitas Sahabat Difabel dalam Pemenuhan Hak Ketenagakerjaan Penyandang Difabel Kota Semarang. Ilmu Pemerintahan. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Diponegoro.

Prayudi, Made Aristia. (2018). Teori Peran dan Konsep Expectation-Gap Fungsi Pengawasan dalam Pengelolaan Keuangan Desa. Jurnal Ekonomi dan Keuangan. 2(4).

Sukmawati, Nindiya. (2021). Peran Pemerintah dalam Pemenuhan Hak untuk Mendapatkan Pekerjaan bagi Penyandang Disabilitas. Jurnal Media of Law and Sharia. 2(4).

Yulisnaini, Eza. (2018). Peran Komunitas Young Voices dalam Pembangunan




DOI: https://doi.org/10.24114/antro.v9i1.51523

Article Metrics

Abstract view : 96 times
PDF - 82 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial dan Budaya (Journal Of Social and Cultural Anthropology)
Program Studi Pendidikan Antropologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Medan
Universitas Negeri Medan, Jalan Willem Iskandar, Pasar V, Medan Estate, Sumatera Utara dan Email: anthropos@unimed.ac.id
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

ISSN 2460 4585 (Print), ISSN: 2460 4593 (Online)