Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Perkuliahan Antropologi Pendidikan

Ratih - Baiduri, Trisni - Handayani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada mata kuliah Antropologi Pendidikan dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di kelas A Nonreguler Semester Ganjil Tahun Ajaran 2015/2016 Program Studi Pendidikan Antropologi Universitas Negeri Medan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus tindakan. Setiap siklus terdiri dari beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa kelas A Nonreguler Semester Ganjil Tahun Ajaran 2015/2016 Program Studi Pendidikan Antropologi Universitas Negeri Medan yang terdiri dari 13 siswa baik siswa laki-laki maupun perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan variasi proyek base learning dan student base learning mampu meningkatkan hasil belajar mata kuliah Antropologi Pendidikan kelas A Nonreguler pada Program Studi Pendidikan Antropologi Semester Ganjil Tahun Ajaran 2015/2016.

Kata Kunci: Model Pembelajaran; Problem Based Learning; HasilĀ  Belajar.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/antro.v2i2.5301

Article Metrics

Abstract view : 454 times
PDF - 338 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial dan Budaya (Journal Of Social and Cultural Anthropology)
Program Studi Pendidikan Antropologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Medan
Universitas Negeri Medan, Jalan Willem Iskandar, Pasar V, Medan Estate, Sumatera Utara dan Email: anthropos@unimed.ac.id
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

ISSN 2460 4585 (Print), ISSN: 2460 4593 (Online)