Analisis User Experience pada Produk EDC (Electronic Data Capture) BRI Merchant di Kota Jakarta

Aisyah Mahmuda, Rina Hermawati

Abstract


Mesin EDC (Electronic Data Capture) menjadi alat/perangkat tambahan yang sangat dibutuhkan dalam memfasilitasi transaksi pembayaran antara merchant dan customer. Ini sejalan dengan penggunaan kartu non-tunai (cashless) sebagai alat pembayaran yang semakin berkembang pesat. Bank BRI menjadi salah satu bank penyedia layanan mesin EDC tersebut, dengan sebutan EDC BRI Merchant. Terdapat fakta data di lapangan bahwa EDC BRI seringkali tidak digunakan ketika customer bertransaksi pada merchant tersebut. Maka dari itu, penelitian dalam bidang User Experience (UX) pada EDC BRI menjadi penting untuk mengetahui kebutuhan, preferensi, serta kendala yang dialami pengguna EDC BRI, baik bagi merchant maupun customer sehingga perancangan dan pengembangan EDC BRI dapat dilakukan dengan lebih baik untuk meningkatkan user experience dan memenuhi harapan pengguna. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi literatur. Hasil analisis user experience pada penggunaan EDC BRI menunjukkan bahwa terdapat dua faktor penyebab seringkali EDC BRI tidak digunakan, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Namun, faktor yang lebih dominan disebabkan oleh keunggulan mesin EDC yang ditawarkan oleh bank kompetitor dan juga karena penggunaan mesin EDC di beberapa merchant didominasi oleh bank kompetitor.




The EDC (Electronic Data Capture) machine is an additional tool/equipment that is really needed to facilitate payment transactions between merchants and customers. This is in line with the rapidly growing use of non-cash cards as a means of payment. BRI Bank is one of the banks providing EDC machine services, with the name EDC BRI Merchant. There are data facts in the field that BRI's EDC is often not used when customers make transactions at these merchants. Therefore, research in the field of User Experience (UX) on BRI EDC is important to find out the needs, preferences and obstacles experienced by BRI EDC users, both for merchants and customers. An anthropological perspective is used to analyze this phenomenon because anthropology views society as an entity bound by culture and social norms. An anthropological perspective can help explain how culture and social norms in a particular region or community influence the use of BRI EDC machines. Are there local preferences regarding cash payments or specific payment methods that influence EDC adoption? The research method used is a qualitative method with data collection techniques through observation, interviews and literature study. The results of user experience analysis on the use of BRI EDC show that there are two factors that cause BRI EDC to often not be used, namely internal factors and external factors. These two factors intersect with cultural values, symbols and cultural icons.


Keywords


EDC, User Experience, Preferensi, Merchant, Customer

Full Text:

PDF

References


Sutopo, Sandi A., Widodo. 2017. MODEL OF STRENGTHENING BRAND LOYALTY FOR EDC (Electronic Data Capture) USERS OF BANK RAKYAT INDONESIA (Persero) LTD. International Jurnal of Islamic Business Ethic (IJIBE).

Ramilton, Ricky. Dkk. 2019. Analisis Kualitas Layanan Mesin EDC terhadap Kepuasan Merchant dengan Pengukuran Model Kano. Journal Ekonomi dan Bisnis Vol.6, No.2, 121-138.

Adam, H. (2016). Less Cash Society: Revolusi Gaya Hidup di Era Ekonomi Digital. https://medium.com/@harristioadam/less-cash-society-revolusi-gaya-hidup-di-era-ekonomi-digital-a428e41d89fb

Alexandrer, Fandi Putra Gulo. (2016). Pengaruh Kulitas Layanan EDC Pada Kepuasan Konsumen Studi di Kawasan Kota Solo. Solo. Universitas Gajah Mada.

Kuswibowo C, Putri, Andhina N. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan Menggunakan Mesin EDC terhadap Kepuasan Merchant pada PT Bank Rakyat Indonesia Jakarta Pusat (The Effect of Service Quality Using EDC Machine on Merchant Satisfaction at PT Bank Rakyat Indonesia Central Jakarta). Politeknik APP Vol.1.

Ashaf, A. 2006. Pola Relasi Media, Negara, dan Masyarakat: Teori Strukturasi Anthony Giddens sebagai Alternatif. Jurnal Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Lampung.

Rohmah, Siti, Ary, Maksi. 2021. Analisis Pengalaman Pengguna Aplikasi Pinjaman Online Menggunakan Metode Usability Testing Dan User Experience Questionnaire (Studi kasus: pada Akulaku dan Kredivo Indonesia). Jurnal Sistem Infoemasi Vol. 13, No. 1.

Harsi Annisa Destiana. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Merchant Pada PT Bank Mandiri Persero Tbk Kantor Area Bekasi Jatiwaringin. Jakarta. Politeknik Negeri Jakarta.

Risky Rian Fauzi. (2015). Pengaruh Kualitas Layanan Pada Unit EDC Terhadap Kepuasan dan Implikasinya Terhadap Kepercayaan Pelanggan pada PT Mitra Usaha Jaya Utama. Jakarta

Fernandes. Lidya, dkk. 2014. Analisis Efektivitas Penggunaan Mesin Edc (Elecronik Data Capture) Pt Bank Bukopin Terhadap Tingkat Penjualan Toko XYZ.Akuntansi, STIE MDP Palembang.

Anjelina. (2018). Persepsi Konsumen Pada Penggunaan E-Money. Journal of Applied Managerial Accounting, 2(2), 219–231.

Hariyanto. (2020). Pertumbuhan Dan Perkembangan Uang Elektronik Di Indonesia. Ajaib.Co.Id.

Wijaya, Erwin, Mulyandi, M. Rachman. 2021. Tren Penggunaan Uang Elektronik terhadap Generasi Milenial. Jurnal Indonesia Sosial Sains, Vol. 2, No. 2.

Kusnandar, V. B. (2019). Berapa Transaksi Uang Elektronik di Indonesia?Databoks.Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/11/07/berapa-transaksi-uang-elektronik-di-indonesia

Rahmatika, U., & Fajar, M. A. (2019). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Minat Penggunaan Electronic Money: Integrasi Model Tam – Tpb Dengan Perceived Risk. Nominal: Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 8(2), 274–284.

Nuswantari, Sielina (2022) PERAN EDC (ELECTRONIC DATA CAPTURE) DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN NASABAH PADA PT BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK. KANTOR CABANG MALANG KAWI. Vocational (Diploma) Thesis, Universitas Muhammadiyah Malang.

Kurnianingsih, Asih,& Noviani. (2022). "UPAYA MENINGKATKAN KEPUTUSAN MERCHANT ANCHOR DALAM MENGGUNAKAN MESIN EDC", Jurnal Manajemen dan Retail.

Sandria, Feri. 2022. Kiamat ATM Sudah Dekat?. CNBC Indonesia.

Jati, Wasisto Raharjo. (2015). “Less Cash Society: Menakar Mode Konsumerisme Baru Kelas Menengah Indonesia”. Jurnal Sosioteknologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (P2P- LIPI), Vol. 14, No. 2, 2015.

Sungkawati, Endang. Dkk. 2022. Buku Perilaku Konsumen (Suatu Pengantar). EUREKA MEDIA AKSARA, ANGGOTA IKAPI JAWA TENGAH NO. 225/JTE/2021

J.Subianto, Totok. 2009. STUDI TENTANG PERILAKU KONSUMEN BESERTA IMPLIKASINYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. Jurnal Ekonomi Modernisasi.




DOI: https://doi.org/10.24114/antro.v9i2.55743

Article Metrics

Abstract view : 50 times
PDF - 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial dan Budaya (Journal Of Social and Cultural Anthropology)
Program Studi Pendidikan Antropologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Medan
Universitas Negeri Medan, Jalan Willem Iskandar, Pasar V, Medan Estate, Sumatera Utara dan Email: anthropos@unimed.ac.id
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

ISSN 2460 4585 (Print), ISSN: 2460 4593 (Online)