Penerapan Metode Active Debate untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar pada Mata Kuliah Hubungan Internasional di Jurusan PPKn

Prayetno Prayetno, Budi Ali Mukmin, Julia Ivanna, Ramsul Nababan

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar mahasiswa pada mata kuliah hubungan internasional melalui metode active debate. Penelitian ini dilakukan di Jurusan PPKn, khususnya di kelas regular C dengan waktu penelitian dimulai pada bulan Juli sampai dengan bulan November tahun 2017. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (CAR) Class Action Researce yang berawal dari permasalahan yang muncul di dalam kelas. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan non tes. Tes yang diberikan berbentuk pilihan berganda dan non tes bersifat lembar obeservasi aktivitas kegiatan belajar mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode active debate memiliki pengaruh yang besar terhadap peningkatan aktivitas belajar dan dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Dalam hal peningkatan hasil belajar, penerapan metode active debate ini dapat meningkatkan hasil belajar dengan nilai rata-rata 86.6 pada siklus II. Sementara itu aktivitas belajar mahasiswa juga meningkat dengan menggunakan metode active debate ini. Hal itu dapat dilihat dari tujuh butir penilaian untuk melihat aktivitas belajar, yaitu keberanian dan semangat untuk mengungkapkan argumentasi; keterampilan dan kemampuan untuk bertanya: keterampilan dan kemampuan mahasiswa untuk menjawab; menyampaikan pendapat tentang materi; penalaran yang rasional dalam menyampaikan pendapat; aktif dan bertanggung jawab dalam selama proses; dan menghargai perbedaan pendapat. Semuanya mengalami yang signifikan. Dari data penelitian dapat dilihat dengan menggunakan model active debate respon mahasiswa pada mata kuliah Hubungan Internasional cenderung baik dan menyenangkan.


Keywords


Active debate, aktivitas belajar, Penelitian Tindakan Kelas

Full Text:

PDF

References


Ambarjaya, S B. 2012. Psikologi Pendidikan dan Pengajaran Teori dan Praktik. Yogyakarta. Penerbit CAPS.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Rineka Cipta.

Hamalik, O. 2008. Proses Belajar Mengajar. Bandung. Sinar Baru.

Hidayah N. et,all. 2008. Media Visual Sebagai Penunjang Pembelajaran Kooperatif Pada Mata Kuliah Dasar-Dasar Hubungan internasional. Sebuah penelitian di Program Studi Pendidikan Sejarah. Universitas Yogyakarta.

Istarani. 2012. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan. Media Persada

Sani, A, R dan Sudiran. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Medan. Perdana Mulya Sarana.

Sardiman. A.M. 2000. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Silberman, Mel. 2013. Active Learning 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta. Putaka Insan Madani.

Pratiwi, Eka A, I. 2012. Peningkatan keterampilan Berbicara Dengan Metode Debat Plus dalam Proses Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas XI IPA SMA Parawisata Kertha Wisata Denpasar. Thesis. Pascasarjana. Denpasar. Universitas Udayana.

Robert Jackson & George Sorensen, Pengantar Studi Hubungan Internasional, Jakarta, Pustaka pelajar, 2005. (6.34)




DOI: https://doi.org/10.24114/antro.v3i2.8304

Article Metrics

Abstract view : 1025 times
PDF - 508 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial dan Budaya (Journal Of Social and Cultural Anthropology)
Program Studi Pendidikan Antropologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Medan
Universitas Negeri Medan, Jalan Willem Iskandar, Pasar V, Medan Estate, Sumatera Utara dan Email: anthropos@unimed.ac.id
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

ISSN 2460 4585 (Print), ISSN: 2460 4593 (Online)