Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prokrastinasi Akademik Siswa yang Menjadi Anggota Organisasi Siswa Intra Sekolah

Nafeesa Nafeesa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik pada siswa yang menjadi anggota OSIS. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yaitu jenis data penelitian yang diperoleh langsung kepada pihak yang bersangkutan. Metode pengambilan data yang digunakan yaitu metode sampling. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa urutan faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik pada siswa yang menjadi anggota OSIS yaitu Time Disorganisation, Keadaan Fisik Individu, Karakteristik Tugas, Sikap Dan Keyakinan, Kondisi Psikologis Individu, Anxiety, Dukungan Sosial, Gaya Pengasuhan Orang Tua, Hostility With Other, Dan Kondisi Lingkungan.


Keywords


Prokrastinasi, Akademik, Siswa

Full Text:

PDF

References


Akinsola, T. & Tella. (2007). Correlates of Academic Procrastination and Mathematics Achievement of University Undergraduate Student. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 2007, 3 (4), 363-367.

Arikunto, S. (1993). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi II. Jakarta: Rineka Cipta.

Catrunada, L. (2008). Perbedaan Kecenderungan Prokrastinasi Tugas Skripsi Berdasarkan Tipe Kepribadian Introvert Dan Ekstovert. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma.

Djamarah, S.B. (2002). Bahasa sukses belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ferrari, J.R., Jhonson, J.L., & McCown, W.G. (1995). Procrastination And Task Avoidance: Theory, Research and Treatment. New York: Plenum Press.

Fiore, N.A. (2006). The now habit: A strategic program for overcoming procrastination an enjoying guilt free play. New York: Penguin Group.

Ghufron, M. Nur. & Risnawita, Rini, S. (2010). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hurlock, E.B. (1980). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.

LaForge, Mary, C. (2005). Applying Explanatory Style to Academi Procrastination. Clemson University.

L.J.Solomon & E.D. Rothblum. (1984). Academic Procrastination: Frequency and Cognitive Behavioral Correlates. Journal of Counseling Psychology, 31.

Lubis, H. (2013). Studi Identifikasi Faktor Kecemasan Belum Menikah Pada Wanita Dewasa Di Kelurahan Panyabungan II Kabupaten Mandailing Natal. Skripsi. Universitas Medan Area. Sumatera Utara.

Mustakim. (2015). Hubungan Antara Locus Of Control Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa MAN 1 Medan. Skripsi. Universitas Medan Area. Sumatera Utara.

Rizki, S.A. (2009). Hubungan Prokrastinasi Akademis Dan Kecurangan Akademis Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara. Skripsi. Sumatera Utara.

Ursia, Nela, Regar, Ide Bagus Siaputra, & Nadia Sutanto. (2013). Prokrastinasi Akademik dan Self-Control pada Mahasiswa Skripsi Fakultas Psikologi Universitas Surabaya. Jurnal. Vol. 1798, No.17.




DOI: https://doi.org/10.24114/antro.v4i1.9884

DOI (PDF): https://doi.org/10.24114/antro.v4i1.9884.g9183

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial dan Budaya(Journal Of Social and Cultural Anthropology)
Program Studi Pendidikan Antropologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Medan
Universitas Negeri Medan, Jalan Willem Iskandar, Pasar V, Medan Estate, Sumatera Utara dan Email: anthropos@unimed.ac.id
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

ISSN 2460 4585 (Print), ISSN: 2460 4593 (Online)