PENGOPTIMALAN METODE EMPATI SEBAGAI DOSEN PENASEHAT AKADEMIK DALAM MEMBANTU MENGENTASKAN MASALAH AKADEMIK MAHASISWA

Nefri Anra Saputra

Abstract


Penelitian ini berawal dari ketertarikan meneliti tentang banyaknya dosen PA yang belum bisa melaksanakan tugasnya secara maksimal. Salah satu penyebabnya adalah dosen PA yang tidak memiliki strategi yang tepat dalam mebantu membimbing mahasiswa, terutama persoalan masalah akademik yang dialami oleh mahasiswa. Akibat adanya perbedaan persepsi antara dosen PA tentang masalah yang dihadapi mahasiswa, maka mahasiswa akan merasa dosen PA nya kurang berfungsi dalam membantu dia mencapai tujuan nya dalam perkuliahan. Dosen PA yang mengerti dengan kondisi tersebut akan mencoba berbagai cara dalam membantu mahasiswanya mengentaskan masalah mereka, dari berbagai macam pendekatan yang bisa dilakukan oleh dosen PA, maka pendekatan empati dianggap lebih menarik untuk diterapkan karena akan menghasilkan kedekatan emosional antara dosen PA dengan mahasiswa asuhnya. Sehingga cara ini dinilai lebih efektif dalam mengentaskan masalah akdemik mahasiswa.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/bhs.v28i3.10079

Article Metrics

Abstract view : 226 times
PDF - 380 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Nefri Anra Saputra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Alamat: Jl. Willem Iskandar Psr V Medan Estate, Medan 20221

Telp: (061) 6623942

Laman: http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/bahas

p-ISSN 0852-8535

e-ISSN 2442-7594