METODE DEIKSIS DALAM MENINGKATKAN LESEVERSTÄNDNIS MAHASISWA BAHASA JERMAN

Jujur Siahaan

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Leseverständnis ’pemahaman membaca’ mahasiswa bahasa Jerman Semester III Tahun Akademik 2017/2018 melalui deiktische Ausdrücke ‘tuturan rujukan’. Dalam penelitian ini digunakan metode eksperimen yang menguji secara langsung kontribusi metode deiksis guna meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memahami sebuah teks bacaan bahasa Jerman. Leseverständnis ‘membaca pemahaman’ merupakan proses membaca sandi berupa tulisan yang harus diinterpretasikan sehingga apa yang disampaikan penulis  dapat dipahami dan disimpulkan. Namun mahasiswa sering menghadapi kesulitan dalam proses memahami penyandian teks bacaan tersebut, sehingga diperlukan suatu metode, yakni metode deiktische Ausdrücke.
Deiktische Ausdrücke adalah sebuah kajian pragmatik yang merupakan salah satu unit linguistik (kata,frasa,kalusa) yang rujukan atau referennya ditentukan oleh penuturnya. Rujukan atau acuan yang terdapat dalam teks bacaan sering dihiraukan mahasiswa sehingga menyebabkan kekeliruan dalam memahami informasi tentang isi teks. Pada metode deiksis, setiap referen atau rujukan dalam teks bacaan yang mengacu pada informasi sebelumnya menjadi pedoman untuk memahami isi teks bacaan.

Deiktische Ausdrücke terdiri dari: die Personaldeixsis (deiksis personal) Singen Sie den Anfang eines Geburtstagsliedes, die Ortdeixsis (deiksis tempat atau ruang) Es regnet hier seit 18 Uhr, die Temporaldeixsis (deiksis waktu) Heute fahrendie S-Bahn bis zum Hauptbahnhof, die Diskursdeixsis (deiksis wacana) Was ich sagen will, ist dies/Folgendes:Sie können bei Dr. Steffens jetzteinen Termin bekommen dan die Sozialdeixsis (deiksis sosial) Stellen Sie sich Fragen gegenseitig zum Thema.

Pada dasarnya Leseverständnis ‘membaca pemahaman’ bertujuan untuk memahami dan menganalisis teks bacaan bahasa Jerman dalam taraf kesukaran tingkat sederhana (A1) sampai ketingkat kesulitan lebih (B1). Sehingga sangatlah penting untuk menerapkan metode deiksis ini guna tercapainya tujuan matakuliah Leseverständnis bahasa Jerman


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/bhs.v29i1.11562

Article Metrics

Abstract view : 177 times
PDF - 206 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Jujur Siahaan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Alamat: Jl. Willem Iskandar Psr V Medan Estate, Medan 20221

Telp: (061) 6623942

Laman: http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/bahas

p-ISSN 0852-8535

e-ISSN 2442-7594