REPRESENTASI BYRONIC HERO DALAM NOVEL MARY SHELLEY FRANKENSTEIN KARYA MARY SHELLEY

Bima Pranachitra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penokohan Byronic Hero, menemukan representasi permasalahan dalam konteks sosial, politik,  dan budaya dalam  Novel Mary Shelley Frankenstein karya Mary Shelley. Serta pengaruh Romansa Gotik terhadap perubahan peradaban manusia berdasarkan teori dan pendekatan Postrukturalisme.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode Deskriptif Kualitatif. Data penelitian adalah novel Mary Shelley Frankenstein karya Mary Shelley dan sejumlah buku acuan. Teknik pengumpulan data dikumpulkan dengan teknik baca, simak dan catat. Teknik analisis data dilakukan dengan metode Analisis Konten menggunakan teori Dekonstruksi Derrida dan Pendekatan Arketaipal dalam tujuan untuk mengungkapkan makna tersembunyi di balik teks.

Berdasarkan hasil analisis penokohan Byronic Hero diperoleh hasil bahwa penokokohan Victor Frankenstein, Robert Walton dan Sang Monster dalam novel Mary Shelley Frankenstein karya Mary Shelley menggambarkan penokohan yang banyak terlibat konflik batin dan berjiwa tak stabil, juga ditemukan berbagai representasi permasalahan dalam konteks sosial, politik, budaya yang terjadi dalam kehidupan. Maka dapat disimpulkan bahwa karya sastra Romansa Gotik seperti novel Mary Shelley Frankenstein karya Mary Shelley cenderung mengungkapkan permasalahan yang berkaitan dengan konteks sosial, politik, dan budaya yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat dengan gambaran teror dan horor sebagai diskursusnya.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/bhs.v29i1.11563

Article Metrics

Abstract view : 405 times
PDF - 796 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Bima Pranachitra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Alamat: Jl. Willem Iskandar Psr V Medan Estate, Medan 20221

Telp: (061) 6623942

Laman: http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/bahas

p-ISSN 0852-8535

e-ISSN 2442-7594