PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI MENULIS KARANGAN DESKRIPTIF PADA SISWA KELAS VIII SMP HARAPAN MULIA DENPASAR TP 2011/2012

Enny Rahayu

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindak kelas yang melibatkan 28 siswa kelas VIII SMP HMD pada semester ganjil TP 2011/2012.  Data penelitian dikumpulkan melalui observasi dan lembar penilaian keterampilan menulis. Penelitian ini menemukan bahwa (1)  sebelum dilaksanakan tindakan tidak ditemukan siswa memeroleh nilai SB, 25% memperoleh nilai B pada proses dan 3,57% pada hasil; 37,71% memeroleh nilai CB pada proses dan 21,43% pada hasil; 28,57% memperoleh nilai KB pada proses dan 46,43% pada hasil, serta 10,72% memperoleh nilai SKB pada proses dan 28,57% pada hasil; (2) setelah dilaksanakan tindakan siklus I terdapat 3,57% siswa memperoleh nilai SB pada proses dan 7,14% pada hasil, 64,29% memperoleh nilai B pada proses dan 17,86 pada hasil, 21,43% memperoleh nilai CB pada proses dan 50% pada hasil, 10,71% memperoleh nilai KB pada proses dan 25% pada hasil, dan tidak ditemukan siswa memeroleh nilai SKB; (3) setelah dilaksanakan tindakan siklus II terdapat 17,86% siswa memeroleh nilai SB pada proses dan 25% pada hasil, 82,14% memperoleh nilai B pada proses dan 21,43% pada hasil, tidak terdapat siswa memperoleh nilai di bawah B pada proses, dan 53,57% memperoleh nilai CB pada hasil; (4) sumber kebervariasian proses belajar mengungkapkan rerata kemampuan awal siswa  71,68 dengan tingkat ketuntasan (TK) 25% pada pratindakan. Setelah dilaksanakan CTL, rerata kemampuan siswa naik menjadi 79,71 pada siklus I dan 84,25 pada siklus II dengan TK 67,86% pada siklus I dan 100% pada siklus II; (5) sumber kebervariasian proses belajar mengungkapkan sebelum dilaksanakan tindakan rerata kemampuan awal siswa 71,68 dengan TK 25%; sedangkan setelah dilaksanakan CTL, rerata kemampuan siswa naik menjadi 79,71 dengan TK 67,89% pada siklus I dan 84,25 dengan TK 100% pada siklus II; (6) sumber kebervariasian hasil belajar mengungkapkan rerata kemampuan awal siswa 64,39 dengan TK 25% pada pratindakan; sedangkan setelah dilaksanakan CTL rerata kemampuan siswa naik menjadi 75,29 dengan TK 75% pada siklus I dan 79,25 dengan TK 100% pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual meningkatkan kompetensi menulis karangan deskriptif  siswa kelas VIII SMP HMD tahun pelajaran 2011/2012.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/bhs.v29i2.11570

Article Metrics

Abstract view : 169 times
PDF - 178 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Enny Rahayu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Alamat: Jl. Willem Iskandar Psr V Medan Estate, Medan 20221

Telp: (061) 6623942

Laman: http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/bahas

p-ISSN 0852-8535

e-ISSN 2442-7594