PENERAPAN ORNAMEN BATAK TOBA DENGAN TEKNIK KOLASE PADA KERAJINAN POT BUNGA SEBAGAI ELEMEN INTERIOR

Mesra Mesra, Heri Soeprayogi

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengembangkan suatu metode penyajian revitalisasi ornamen tradisional Batak Toba, yang sudah mulai punah. Sejalan dengan revitalisasi itu juga diharapkan muncul produk baru kreatif yang berciri budaya lokal. Biasanya kerajinan tradisional diterapkan pada dinding bangunan dengan teknik ukir, tetapi sekarang jarang sekali diterapkan. Ornamen  berfungsi sebagai hiasan, mempunyai makna filosofis dan nasehat bagi masyarakat. Namun generasi muda banyak yang tidak memahami makna dari ornamen tradisional tersebut.

Langkah pengembangan yang diambil dalam penelitian ini adalah menerapkan ornamen tradisional Batak Toba pada produk kerajinan pot bunga, sebagai wadah pemajangan menjadi elemen interior. Keunikan penerapan ornamen adalah dengan teknik kolase sebagai bentuk karya seni. Alasannya adalah pot bunga sebagai elemen interior banyak mendapat perhatian bagi masyarakat. Masyarakat dapat menikmati keindahan bunga, sekaligus mengamati ornamen yang menghiasi pot bunga tersebut. Pada ornamen tersebut dituliskan nama motif dan  daerah asalnya, sehingga dapat memotivasi masyarakat untuk lebih mengenalnya kembali.

Produk yang dihasilkan pada penelitian ini adalah prototype kerajinan pot bunga sebagai wadah pemajangan, yang dihiasi ornamen Batak Toba dengan teknik kolase.  Proses pengembangan banyak menemui kesulitan sejak dari pemilihan bahan, proses pengolahan, dan finishing. Pemecahan masalah dilakukan dengan cara uji coba beberapa jenis bahan dan menemukan teknis yang efisien.

Hasil penelitian menunjukkan metode revitalisasi ornamen tradisional Batak Toba pada pot bunga sebagai elemen interior, dapat memotivasi masyarakat untuk mengetahui kembali tentang ornamen tersebut. Keunikan penerapan ornamen dengan teknik kolase dapat menambah keindahan pot bunga sekaligus keindahan interior.

            Disarankan kepada masyarakat Sumatera Utara untuk mempelajari kembali nilai-nilai tradisional budaya daerah Batak Toba agar tidak punah, kemudian menciptakan produk kerajinan yang menjadikan ornamen tradisional sebagai hiasannya.

 

Kata Kunci : revitalisasi, ornamen tradisional, kolase, interior.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/bhs.v30i1.16679

Article Metrics

Abstract view : 352 times
PDF - 573 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Mesra Mesra, Heri Soeprayogi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Alamat: Jl. Willem Iskandar Psr V Medan Estate, Medan 20221

Telp: (061) 6623942

Laman: http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/bahas

p-ISSN 0852-8535

e-ISSN 2442-7594