PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran think pair share dapat meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur kompleks mahasiswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode quasi eksperimen. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah instrumen kemampuan menulis teks prosedur kompleks. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik komparasional dengan menggunakan pre-test dan post-test one group design. Hasil penelitian menunjukkan tiga hal. Pertama, kemampuan menulis teks prosedur kompleks mahasiswa sebelum menggunakan model pembelajaran think pair share, tergolong ke dalam kategori kurang. Kedua, kemampuan menulis teks prosedur kompleks mahasiswa setelah menggunakan model pembelajaran think pair share, tergolong ke dalam kategori baik. Ketiga, penggunaan model pembelajaran think pair share dapat meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur kompleks mahasiswa.
Kata Kunci : model pembelajaran think pair share, kemampuan menulis teks prosedur kompleks
Full Text:
UntitledDOI: https://doi.org/10.24114/bhs.v30i3.17173
Article Metrics
Abstract view : 307 timesUntitled - 243 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Sanggup Barus, Frinawaty Barus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat: Jl. Willem Iskandar Psr V Medan Estate, Medan 20221
Telp: (061) 6623942
Laman: http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/bahas