PENGARUH MEDIA TV5MONDE DALAM DICTEE ARCHIBALDPADA KEMAMPUAN MENYIMAK MAHASISWA SEMESTER EMPAT UNIMED

Hesti Fibriasari, Syarifah Tanjung

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan dictée d’archibald antara kelas experimental yang mengikuti pembelajaran menggunakan media tv5monde dengan kelas control yang mengikuti pembelajaran menggunakan media buku. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen, desain pre-test-post-test. Sampel pada penelitian ini adalah teknik sampel random. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, yaitu berupa tes dictée d’archibald. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan kemampuan menyimak d’arcibald pada kelas experimen dengan menggunakan media tv5monde dan pada kelas control dengan menggunakan media buku. Perbedaan  tersebut ditunjukkan oleh perhitungan  uji-t yang dilakukan pada hasil nilai post-testantara kelas experimen dan kelas kontrol dengan bantuan aplikasi SPSS versi 20. Untuk kelas experimen Hasil uji-t2,115  dengan db 32, dan nilai p 0,04. Skor p lebih kecil dari tarif signifikansi 5% (0,04<0,05)dan kemudian, hasil uji-t untuk kelas kontrol menunjukan T-hitung (Th) adalah 0,58 dengan db 32 dan nilai p 0,954. Skor p lebih besar dari signifikansi 5% (0,954>0,05). Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa media tv5monde berpengaruh dalam pembelajaran dictée d’archibald pada mata kuliah menyimak.

 

Keywords: Media, Tvmonde, Listen, Archibald's Dictée


Full Text:

XML


DOI: https://doi.org/10.24114/bhs.v30i4.18575

Article Metrics

Abstract view : 190 times
XML - 148 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Hesti Fibriasari, Syarifah Tanjung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Alamat: Jl. Willem Iskandar Psr V Medan Estate, Medan 20221

Telp: (061) 6623942

Laman: http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/bahas

p-ISSN 0852-8535

e-ISSN 2442-7594