ANALISIS PENERAPAN MODEL VCT (VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE) OLEH GURU DALAM MENGEMBANGKANNILAI KARAKTER PADA PEMBELAJARANTEKS EKSPLANASI SISWA KELAS XISMA NEGERI11 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/ 2019

Sari Rahmadani Hasibuan, Syamsul Arif

Abstract


Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan  model VCT (Value Clarification Technique) yang dilakukan oleh Ibu Ismi Hidayani, S.Pd. selaku guru di SMA Negeri 11 Medan.  Model pembelajaran VCT  merupakan suatu teknik pengajaran untuk membantu siswa dalam mencari danmenentukan suatu nilai yang dianggap baik dalammenghadapi suatu persoalan melalui proses menganalisisnilai yang sudah ada dan tertanam dalam diri siswa. Model pembelajaran VCT terdiri dari enam tahapan yaitu: penentuan stimulus, penyajian stimulus, penentuan posisi, menguji alasan, penyimpulan dan pengarahan serta tindak lanjutan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, yaitu penelitian yang dilakukan untuk mendeskripsikan data-data penelitian yang ada. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan wawancara, catat lapangan dan dokumentasi. Hasil yang didapatkan oleh  Ibu Ismi Hidayani, S.Pd dari penelitian ini untuk tahapan menerapkan model VCT yaitu 18 langkah dari  19 langkah yang ada dengan persentase mencapai 77%. Dalam kegiatan pengembangan karakternya, guru menerapkan 24 langkah dari 40 langkah yang ada dengan persentase mencapai 91,15%.

 

Kata Kunci: Analisis, Model Pembelajaran VCT, Guru, Teks Ekspalani, Karakter.

Full Text:

XML


DOI: https://doi.org/10.24114/bhs.v31i1.18581

Article Metrics

Abstract view : 211 times
XML - 155 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Sari Rahmadani Hasibuan, Syamsul Arif

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Alamat: Jl. Willem Iskandar Psr V Medan Estate, Medan 20221

Telp: (061) 6623942

Laman: http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/bahas

p-ISSN 0852-8535

e-ISSN 2442-7594