PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURETERHADAP HASIL BELAJAR VIDEOGRAFI SISWA KELAS XIIDKV SMKNEGERI 1 TEBING TINGGI

Nurul Trianda, Sugito Sugito

Abstract


 

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh penggunaan model pembelajaran picture and pictureterhadap hasil belajar videografi materi menggambar storyboard film indie untuk kepentingan iklan. Adapun populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XII DKV SMK Negeri 1Tebing Tinggi dengan jumlah 18 siswa dan sampel yaitu keseluruhan siswa kelas XIIDKV yang berjumlah 18orang siswa menggunakan teknik total  sampling. Teknik analisis data dilakukan dengan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas data, uji homogenitas varians, setelah itu dilakukan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen dan kontrol sebesar 67,1 dan 68,3 dan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen dan kontrol sebesar  80,1 dan 76,1. Hasil uji perbedaan rata-rata menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest kelas eksperimen lebih baik dibandingkan nilai posttest kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan signifikansi  = 0,05 dan dk 16 didapat = 2,119. Jadi hasil hipotesis diperoleh hasil  = 2,2353 >  = 2,119. Jadi Ha diterima sekaligus ditolak Ho sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang  signifikan dari penggunaan model pembelajaran picture and picture terhadap hasil belajar videografi siswa kelas XII DKV SMK Negeri 1 Tebing Tinggi Tahun Pelajaran 2018/2019.

 

Kata Kunci : Model, Picture and Picture,Videografi

Full Text:

XML


DOI: https://doi.org/10.24114/bhs.v31i1.18587

Article Metrics

Abstract view : 178 times
XML - 109 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Nurul Trianda, Sugito Sugito

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Alamat: Jl. Willem Iskandar Psr V Medan Estate, Medan 20221

Telp: (061) 6623942

Laman: http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/bahas

p-ISSN 0852-8535

e-ISSN 2442-7594