PENERAPAN PENILAIAN HASIL BELAJAR BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI MAN 2 MODEL MEDAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA JERMAN KELAS XI TAHUN AJARAN 2019/2020

Surya M Hutagalung, Joshua Reynaldi Doli, Rini Rizki Amelia Pasaribu, Rizka Meilia Putri

Abstract


Penerapan penilaian hasil belajar Bahasa Jerman berdasarkan Kurikulum 2013 merupakan suatu alat yang sangat penting bagi keberhasilan pendidikan. Tanpa kurikulum yang sesuai dan tepat akan sulit untuk mencapai tujuan dan sasaran pendidikan yang diinginkan. Panduan penilaian Kurikulum 2013 juga menjelaskan mengenai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang mengacu pada SKL dengan mempertimbangkan karakteristik pelajaran dan peserta didik, serta kondisi pada satuan pendidikan. Penilaian yang dilakukan oleh pendidik terbagi menjadi tiga penilaian, yaitu penilaian sikap, penilaian pengetahuan, dan penilaian keterampilan. MAN 2 Model Medan sudah menerapkan Kurikulum 2013. Teknik yang sering dilakukan pada penilaian hasil belajar khususnya penilaian sikap adalah teknik penilaian jurnal dan teknik observasi. Teknik yang sering dilakukan pada penilaian hasil belajar khususnya penilaian pengetahuan adalah teknik penilaian melalui tes tulis dan tes lisan. Teknik yang sering dilakukan pada penilaian hasil belajar khususnya penilaian keterampilan adalah teknik penilaian praktek. Pada penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif.

Kata Kunci: Penerapan Penilaian, Kurikulum 2013, Bahasa Jerman.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/bhs.v31i2.18999

Article Metrics

Abstract view : 59 times
PDF - 28 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Alamat: Jl. Willem Iskandar Psr V Medan Estate, Medan 20221

Telp: (061) 6623942

Laman: http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/bahas

p-ISSN 0852-8535

e-ISSN 2442-7594