FUNGSI BAHASA DALAM PEMBELAJARANNYA
DOI:
https://doi.org/10.24114/bhs.v0i69TH%20XXXV.2384Abstract
Tujuan pembelajaran bahasa termasuk bahasa Inggris adalah dapat menggunakan bahasa itu untuk mengungkapkan ide, gagasan, dan informasi atau untuk tujuan komunikasi. Pembelajaran ke arah itu didasarkan pada materi dan proses pembelajaran yang lebih baik. Materi ajar dapat menunjukkan bagaimana pengungkapan makna sesuai dengan konteks sosial. Pada intinya pembelajaran bermuara pada peningkatan mutu keempat keterampilan berbahasa khususnya speaking bukan penguasaan leksikogramatika. Untuk mencapai tujuan demikian LPTK harus merekonstruksi program perkuliahan lebih baik dengan lebih menekankan penguasaan keterampilan di dua tahun pertama sampai mahasiswa bisa berkomunikasi dengan baik, menulis dengan baik, membaca dengan baik. Tanpa pemilikan keterampilan demikian produk LPTK tidak akan bisa menjadi guru profesional dan berakibat pada kurangnya penghargaan masyarakat maupun pemerintah terhadap profesi guru termasuk LPTK. Menjadi guru profesional ia harus cerdas, kreatif, dan responsif terhadap perubahan sehingga ia diharapkan memiliki kemampuan merancang pembelajaran bermutu berkelanjutan. Kata Kunci : Konteks sosial, leksikogramatika, gungsi bahasa, pengungkapan makna, dan pengembangan mutuDownloads
Published
2008-06-01
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2008 Busmin Gurning

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.