EFFICACITÉ DE L’ENSEIGNEMENT DE LA COMPRÉHENSION ECRITE PAR UNE APPROCHE CONTEXTUELLE (CTL)

Sudung Saut Nadeak

Abstract


Pembelajaran atau kegiatan belajar mengajar (KBM) merupakan langkah-langkah konkret kegiatan belajar mahasiswa dalam rangka memperoleh, mengaktualisasikan maupun meningkatkan kompetensi yang dihendaki termasuk didalamnya kemampuan membaca. Dalam pembelajaran, penetapan pendekatan tertentu, sangatlah penting dalam menunjang tujuan pembelajaran yang telah digariskan. Misalnya saja pendekatan kontekstual adalah konsep belajar yang membantu dosen mengaitkan antara materi dengan situasi dunia nyata mahasiswa. Tulisan ini merupakan hasil penelitian yang telah dilakukan pada pelajaran membaca / compréhension écrite yang ada di Prodi Bahasa Perancis UNIMED dengan menggunakan pendekatan kontekstual (Contextual Teaching Learning / CTL). Hasilnya,   diperoleh kesimpulan bahwa pelajaran membaca / compréhension écrite bisa lebih efektif dalam pembelajarannya melalui pendekatan kontekstual (CTL).

Kata Kunci : efficacite, enseignement, compréhension ecrite, une approche,

contextuelle (CTL)


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/bhs.v0i69TH%20XXXV.2435

Article Metrics

Abstract view : 143 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2008 Sudung Saut Nadeak

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Alamat: Jl. Willem Iskandar Psr V Medan Estate, Medan 20221

Telp: (061) 6623942

Laman: http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/bahas

p-ISSN 0852-8535

e-ISSN 2442-7594