PENELUSURAN JENIS PEKERJAAN PARA ALUMNI JURUSAN BAHASA PRANCIS FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

Siti Renggo Geni ZEN, Ninuk Lustyantie, Yusi Asnidar

Abstract


Lulusan jurusan bahasa Prancis UNJ memperoleh pekerjaan di bidang pendidikan dan nonkependidikan misalnya pariwisata, perhotelan, sekretaris, alih bahasa dan interpreting (penerjemahan lisan). Hal ini terjadi karena terbatasnya lapangan kerja di bidang pengajaran apalagi akibat perubahan orientasi kurikulum di sekolah menengah untuk pelajaran bahasa asing kecuali Inggris, sebagian alumni terpaksa tidak bekerja di lapangan pengajaran bahasa.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif . Instrumen dalam penelitian ini adalah angket yang terbagi dalam dua bagian. Bagian pertama (A) merupakan identitas responden dan bagian Kedua (B) merupakan aspek keadaan lulusan dan kurikulum Jurusan Bahasa Prancis.

Tujuan penelitian ini untuk memperoleh data terkini mengenai lapangan kerja para alumni Jurusan Bahasa Prancis dan kaitannya dengan kurikulum Jurusan Bahasa Prancis.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kompetensi yang dibutuhkan lulusan JBP saat ini di pasar kerja saat ini sangat bervariasi, yang berkaitan dengan kompetensi kebahasaan, kompetensi administrasi dan perkantoran, serta keahlian magerial, dan yang terakhir adalah kompetensi di bidang wiraswasta, yaitu usaha menciptakan lapangan kerja secara mandiri.

Kata Kunci : Jenis pekerjaan, alumni jurusan bahasa Prancis.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/bhs.v0i74TH%20XXXVI.2514

Article Metrics

Abstract view : 181 times
PDF - 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2009 Siti Renggo Geni ZEN, Ninuk Lustyantie, Yusi Asnidar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Alamat: Jl. Willem Iskandar Psr V Medan Estate, Medan 20221

Telp: (061) 6623942

Laman: http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/bahas

p-ISSN 0852-8535

e-ISSN 2442-7594