PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA MACROMEDIA FLASH 8.0 PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Yusrawati Jr Simatupang, Rika Kustina, Wahidah Nasution

Abstract


This study aims to improve the ability to read the beginning by using Macromedia Flash 8.0 media in class I students of SDN Limpok Aceh Besar. This research is a Classroom Action Research (CAR). The research subjects were students of Class I SDN Limpok Aceh Besar totaling 31 students with details of 15 students and 16 students. The design in this study uses the Arikunto model consisting of Plan, Act and Observe, and Reflect. This research takes place in two cycles. The data collection method used is test and observation. Data analysis techniques using qualitative and quantitative descriptive descriptive. Research shows that the use of Macromedia Flash 8.0 can improve reading skills in the beginning of class I students of SDN Limpok Aceh Besar in terms of process and results. In pre -actions, students are only silent during learning. No students ask or argue. In the first cycle, students are still hesitant to argue, have not dared to ask questions, and ashamed to read. In cycle II, students have dared to argue, ask questions and progress. Judging from the results, evidenced by the average value of the beginning of reading skills in the 62.74 pre-action increased to 69.90 in the first cycle and 76.70 in cycle II. The percentage of KKM experienced an increase in pre -actions by 48%, in the first cycle 74%and cycle II was 90%. Suggestions for reading skills The beginning of class I students can increase through one of the media, namely Macromedia Flash 8.0.

 

Keywords: Reading Beginning, Macromedia Flash 8.0

 

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan media Macromedia Flash 8.0 pada siswa kelas I SDN Limpok Aceh Besar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas I SDN Limpok Aceh Besar berjumlah adalah 31 siswa dengan rincian 15 siswa dan 16 Siswi. Desain dalam penelitian ini menggunakan model Arikunto yang terdiri dari plan, act and observe, dan reflect. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif.  Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Macromedia Flash 8.0 dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas I SDN Limpok Aceh Besar dari segi proses maupun hasil. Pada pratindakan, siswa hanya diam saat pembelajaran. Tidak ada siswa yang bertanya atau berpendapat. Pada siklus I, siswa masih ragu berpendapat, belum berani bertanya, dan malu membaca. Pada siklus II, siswa sudah berani berpendapat, bertanya, dan maju membaca. Dilihat dari hasil, dibuktikan dengan nilai rata-rata keterampilan membaca permulaan pada pratindakan 62,74 meningkat menjadi 69,90 pada siklus I dan 76,70 pada siklus II. Persentase KKM mengalami peningkatan pada pratindakan sebesar 48%, Pada siklus I 74% dan siklus II yaitu 90%. Saran Keterampilan membaca permulaan siswa kelas I dapat meningkat melalui salah satu media yaitu Macromedia Flash 8.0.

 

Kata kunci: Membaca Permulaan, Macromedia Flash 8.0

Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

-----------------, 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Budiasih dan Zuchdi, Darmiyati (2001). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. Yogyakarta: PAS.

Fathurrohman, Pupuh dan Sutikno, Sobry, 2007, Strategi Belajar Mengajar, PT Refika Aditama: Bandung

Hairudin. dkk. (2007). Pembelajaran Bahasa Indonesia Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Departemen Pendidikan Nasional.

Hamdani. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Huda, Akhmad (2013). Pembelajaran-Membaca-Permulaan-Dengan Pendekatan Pengalaman Berbahasa di Kelas Awal Sekolah Dasar. Diakses Dari Http://Hudaita.Blogspot.Com. Pada Tanggal 11 April 2013, Jam 16. 28 WIB

Mulyono, Abdurrahman. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan. Jakarta: Rineka Cipta

Nuriadi. (2008). Teknik Jitu Menjadi Pembaca Trampil. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Pramono, Andi. 2006a. Seri Aplikasi Macromedia Flash 8.0MX 2004 Membuat Animasi Movie Clip dengan Actions Script. Yogyakarta. C.V Andi Offset.

Prasetyono, Sunar, Dwi. (2008). Rahasia Mengajarkan Gemar Membaca pada Anak Sejak Dini. Yogyakarta: Think Yogyakarta.

Rahim, Farida (2007). Dasar Pengajaran Membaca di Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Saleh, Abbas. (2006). Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif di Sekolah Dasar. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Departemen Pendidikan Nasional.

Slamet, St. Y (2007). Dasar-Dasar Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah Dasar. Surakarta: UNS Press. 83

Subana. (2000). Statistik Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia. Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosda karya Offset.

Suharsimi, Arikunto. 2009. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Suharsimi, Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Wassid, Iskandar & Sunendar, Dadang. (2009). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Winihasih. (2005). Diagnosis Kesulitan Belajar Membaca Permulaan Siswa SD/MI Melalui Analisis Reading Readiness. Volume. 1 No 2 tahun 2017, Jurnal Sekolah Dasar




DOI: https://doi.org/10.24114/bhs.v33i4.43664

Article Metrics

Abstract view : 71 times
PDF - 52 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Yusrawati Jr Simatupang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Alamat: Jl. Willem Iskandar Psr V Medan Estate, Medan 20221

Telp: (061) 6623942

Laman: http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/bahas

p-ISSN 0852-8535

e-ISSN 2442-7594