DIGITALISASI PEMBELAJARAN DAN ASESMEN DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI LITERASI SEKALIGUS PEMERTAHANAN BUDAYA DAN BAHASA PAKPAK

Sri Minda Murni, Nurlaila Solin, Nida Wafiqah Nabila M Solin

Abstract


Abstrak

 

Pembelajaran budaya dan Bahasa Pakpak diberikan bagi siswa kelas X SMAN I Salak Kabupaten Pakpak Bharat sebagai upaya pemertahanan budaya/bahasa Pakpak. Namun proses pembelajaran dan asesmennya masih tradisional disebabkan guru yang mengajar tidak memiliki kompetensi teknologi. Pembelajaran berbasis teknologi diasumsikan dapat meningkatkan kompetensi literasi serta sikap positif generasi muda terhadap budaya dan bahasa Pakpak. Penelitian bertujuan untuk mengembangkan pembelajaran serta asesmen mata pelajaran muatan lokal budaya dan bahasa Pakpak di SMAN 1 Salak. Pertanyaan penelitian adalah sebagai berikut: a) Bagaimana pengembangan materi ajar digital dan modul ajar dapat meningkatkan sikap positif siswa terhadap budaya dan Bahasa Pakpak?, dan b) Bagaimana pengembangan asesmen digital dapat mendorong siswa meningkatkan kompetensi literasi budaya dan Bahasa Pakpak? Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian dan Pengembangan (Borg and Gall, 2003), tetapi baru sampai ke tahap studi pendahuluan dan perencanaan. Hasil penelitian ditemukan bahwa sekolah membutuhkan: a) bahan ajar interaktif berbasis digital; b) peningkatan kompetensi guru; dan c) pendampingan pembuatan asesmen.

Kata kunci: budaya Pakpak, Bahasa Pakpak, digitalisasi bahan ajar/assesmen, muatan lokal

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/bhs.v34i1.48049

Article Metrics

Abstract view : 71 times
PDF - 78 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sri Minda Murni, Nurlaila Solin, Nida Wafiqah Nabila M Solin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Alamat: Jl. Willem Iskandar Psr V Medan Estate, Medan 20221

Telp: (061) 6623942

Laman: http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/bahas

p-ISSN 0852-8535

e-ISSN 2442-7594