ISU-ISU KRITIS DALAM PENDIDIKAN MENGENAI KOMPETENSI GURU/DOSEN PADA ABAD 21

Danny Ivanno Ritonga

Abstract


Masa depan bangsa, salah satunya sangat ditentukan oleh guru/dosen. Tidaklah heran, dulu, ketika Hiroshima hancur lebur dibombardir Amerika Serikat, hanya satu pertanyaan yang keluar dari mulut Kaisar Jepang, “Berapa banyak guru/dosen yang masih hidup?”. Luar biasa, betapa saat itu, Sang Kaisar memikirkan nasib bangsa dengan menggantungkannya pada peran guru/dosen. Untuk menghasilkan guru/dosen yang professional dan kompeten juga adalah tantangan yang sangat berat. Mengacu pada pendapat dan teori sebagai landasan yang telah dijelaskan sebelumnya, dalam rangka membangun bangsa melalui pendidikan, khususnya dalam meningkatkan peran guru/dosen didalamnya. Tujuan pendidikan sebagai upaya memanusiakan manusia secara utuh, bukan hanya membangun keterampilan menghapal, menuntut profesionalitas dan kompetensi guru/dosen yang sangat tinggi. Oleh karena itu, guru/dosen memainkan peranan yang sangat penting dalam upaya membangun bangsa yang maju.

 

Kata Kunci:     Kompetensi Guru/Dosen, Tanggung Jawab Guru/Dosen, Posisi Guru/Dosen Abad 21

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/bhs.v26i2.5577

Article Metrics

Abstract view : 375 times
PDF - 37 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Danny Ivanno Ritonga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Alamat: Jl. Willem Iskandar Psr V Medan Estate, Medan 20221

Telp: (061) 6623942

Laman: http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/bahas

p-ISSN 0852-8535

e-ISSN 2442-7594