KELAYAKAN ISI DAN BAHASA BUKU AJAR BAHASA INDONESIA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KELAS VIII KURIKULUM 2013 EDISI REVISI 2017 PENERBIT KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Muhammad Ridho Pradita, Fitriani Lubis

Abstract


Menurut Masnur Muslich (2010: 50) buku teks adalah buku yang berisi uraian bahan tentang mata pelajaran atau bidang studi tertentu, yang disusun secara sistematis dan telah diseleksi berdasarkan tujuan tertentu, orientasi pembelajaran, dan perkembangan siswa, untuk diasimilasi.dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia (Permendiknas RI) No. 2 Tahun 2008 tentang buku Pasal 4 Ayat 1 disebutkan bahwa “Buku teks pada jenjang pendidikan dasar dan menengah dinilai kelayakan pakainya terlebih dahulu oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) sebelum digunakan oleh pendidik dan atau peserta didik sebagai sumber belajar.” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan  isi dan kelayakan bahasa pada buku ajar Bahasa Indonesia SMP kelas VIII edisi revisi 2017 penerbit Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berdasarkan kriteria BSNP. Buku ajar Bahasa Indonesia SMP kelas VIII edisi revisi 2017 penerbit Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dari segi kelayakan isi sudah dikategorikan pada kategori sangat layak dengan persentase 84,54% dan segi kelayakan bahasa juga sudah dikategorikan pada kategori sangat layak dengan persentase 88,38%.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa buku ajar Bahasa Indonesia SMP kelas VIII edisi revisi 2017 penerbit Kementerian Pendidikan dan Kebudayaansangat layak untuk digunakan untuk proses belajar mengajar dikelas.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v7i4.11739

Article Metrics

Abstract view : 703 times
PDF - 12339 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Muhammad Ridho Pradita, Fitriani Lubis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.