Pengaruh Metode Karyawisata Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VII SMP Swasta Yapendak Tinjowan Tahun Pembelajaran 2013/2014

Florenta Winda Herlina Pardede

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh metode karyawisata dalam pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas VII SMP Swasta Yapendak Tinjowan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Swasta Yapendak Tinjowan dengan jumlah 162 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa yang diambil secara acak sederhana dengan random sampling. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah penugasan berupa tes esai menulis puisi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Dari pengolahan data, diperoleh nilai rata-rata pre-test = 59,06, standar deviasi = 8,74, digolongkan pada kategori baik = 16,67%, kategori cukup = 60 % dan kategori kurang = 23,33%. Nilai rata-rata post-test = 78,40, standar deviasi = 7,77 dan dikategorikan pada kategori sangat baik = 13,33%, baik = 76,67% dan cukup = 10 %. Berdasarkan uji normalitas, hasil pre-test dan post-test dinyatakan berdistribusi normal. Kemudian, berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan uji homogenitas dilakukan, maka diketahui t0 sebesar 8,9. Selanjutnya t0 tersebut dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5% dengan df = N-1, yakni 30-1 = 29. Dari df 30 diperoleh taraf signifikansi 5% = 2,04. Dengan demikian thitung > ttabel, yakni 8,9 > 2,04 dengan demikian hipotesis alternative (Ha) diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Metode Karyawisata berpengaruh positif dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas VII SMP Swasta Yapendak Tinjowan.  Kata Kunci:  pengaruh, metode, karyawisata, puisi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v3i4.1461

Article Metrics

Abstract view : 347 times
PDF - 147 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2014 Florenta Winda Herlina Pardede

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.