EFEKTIVITAS MODELPEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING CHIPS TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 7 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020

Yandi Johannes Bosko Marbun, Atika Wasilah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe talking chipsterhadap kemampuan menulis teks prosedur kompleks  siswa kelas XI SMA Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.Sampel penelitian ini adalah kelas XI-IPA 1 berjumlah 34 dan kelas XI- IPA 2 yang berjumlah 34 siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen Randomized Subject, Posstest Only Control Groub Design. Instrumen yang digunakan adalah tes objektif esai.Berdasarkan pengolahan data diperoleh hasil poss-test (Kontrol) dengan rata-rata = 70 dan standar deviasi = 7.17. Sedangkan hasil posttest (Eksperimen) dengan rata-rata = 80.58 dan standar deviasi = 7.74. Dari uji data kelas kontroldan kelas eksperimen diketahui bahwa kedua data tersebut berdistribusi normal. Data post-test (Kontrol) diperoleh Lhitung<Ltabel (0.140 < 0.151) dan data post-test (Eksperimen)diperoleh Lhitung<Ltabel (0.137 < 0.151).Sedangkan dari uji homogenitas diperoleh bahwa sampel penelitian ini berasal dari kelompok yang homogen yaitu < (1.07 < 1.80). Setelah uji normalitas dan homogenitas dilakukan, diperoleh  = 5.81. Selanjutnya  Dikonsultasikan dengan t tabel pada taraf signifikan 5% dengan df = N-1 = 68-1 = 67 diperoleh taraf signifikan 5%= 2,00.Oleh karena  Yang diperoleh lebih besar dar Yaitu 5.81 > 2,00, maka  Diterima.Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe talking chips efektif digunakan terhadap kemampuan menulis teks prosedur kompleks pada siswa kelas XI SMA Negeri 7  Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v9i2.19692

Article Metrics

Abstract view : 187 times
PDF - 198 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Yandi Johannes Bosko Marbun, Atika Wasilah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.