PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN HYBRID LEARNING PADA MATAKULIAH MEMBACA II MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA IKIP BUDI UTOMO MALANG

Nurwakhid Mulyono, Lis Susilawati

Abstract


ABSTRAK

Penelitian   ini   bertujuan   untuk   menghasilkan   media   hybrid   learning   yaitu   model   pembelajaran   yang   mengkombinasikan  metode  tatap  muka  dengan  metode  e-learning,  serta  melakukan  pengukuran  terhadap  pengaruh  dari  implementasi  media tersebut  terhadap  hasil  belajar  mahasiswa.  Media  hybrid  learning  yang  dikembangkan  ditujukan  untuk  pembelajaran  mata  kuliah  Membaca II  di  di  Prodi  Bahasa Indonesia IKIP Budi Utomo Malang .  Penelitian  dilaksanakan selama 1 Tahun dengan tahapan penelitian yang meliputi penerapan media, pengembangan media,  uji coba media, dan perbaikan  media berdasarkan  hasil  uji  coba.  Hasil  penelitian  menunjukkan  penerapan  media  Hybrid  Learning  sangat cocok diterapkan pada mata kulaih membaca II yang lebih bersifat kuantitatif. Hal ini terlihat dari nilai hasil ujian mahasiswa yang sangat bagus dibandingkan dengan penggunaan metode konvensional. Untuk mata kuliah yang bersifat kuantitatif ternyata keberadaan dosen secara fisik masih sangat diperlukan


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v9i3.20529

Article Metrics

Abstract view : 731 times
PDF - 2074 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Nurwakhid Mulyono, Lis Susilawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.