KESANTUNAN BERBAHASA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA PROGRAM STUDI SASTRA INDONESIA DI INSTITUT ILMU SOSIAL DAN ILMU BUDAYA SAMAWA REA
DOI:
https://doi.org/10.24114/bss.v10i3.27208Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kesantunan berbahasa para mahasiswa dengan dosen dan kesantunan berbahasa antar mahasiswa dan mahasiswa dalam proses pembelajaran pada program studi sastra Indonesia di fakultas ilmu budaya Institut ilmu sosial dan ilmu budaya samawa rea. Penelitian ini menggunakan metode desktiptif kualitatif yaitu penelitian yang bertujuan untuk menghasilkan data deskriptif berdasarkan kenyataan atau fenomena yang ada secara empiris pada penutur dan hasil pemaparan bersifat apa adanya. Hasil penelitian terhadap pematuhan dan pelanggaran terhadap prinsip sopan santun mahasiswa dengan dosen dan mahasiswa dengan mahasiswa program studi sastra Indonesia di Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya Samawa Rea menyimpulkan pemakaian maksim kedermawanan sering digunakan karena adanya rasa saling menghormati antara mahasiswa dengan dosen, dan maksim yang sering dilanggar adalah maksim simpati dan maksim kerendahan hati karena banyaknya mahasiswa yang tidak suka dihina dan diejek meskipun ucapan itu mengandung fakta.Kata Kunci: Bahasa, Teori Kesantunan, PragmatikReferences
DAFTAR RUJUKAN
Chaer, Abdul. 2007. Kajian Bahasa. Jakarta: Rineka Cipta.
Leech, G. 1993. Prinsip-Prinsip Pragmatik. Terjemahan M D D. Oka. Jakarta. Universitas Indonesia
Levinson, Stephen, 1983. Pragmatics. Cambridge: Cambr idge University Press.
Mahsun. (2012). Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya.
Jakarta: Rajawali Pers.
Pranowo. 2015. Teori Belajar Bahasa . Yogyakarta. Pustaka Pelajar
Wijana, I Dewa Putu. 1997. Linguistik, Sosiolinguistik, dan Pragmatik. Makalah dalam Temu Ilmiah Bahasa dan Sastra di Balai Bahasa: Yogyakarta.
Yule, George. 2006. Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Wiwik Surya Utami

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.