KESANTUNAN BERBAHASA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA PROGRAM STUDI SASTRA INDONESIA DI INSTITUT ILMU SOSIAL DAN ILMU BUDAYA SAMAWA REA

Authors

  • Wiwik Surya Utami Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya Samawa Rea

DOI:

https://doi.org/10.24114/bss.v10i3.27208

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kesantunan berbahasa para mahasiswa dengan dosen dan kesantunan berbahasa antar mahasiswa dan mahasiswa dalam proses pembelajaran pada program studi sastra Indonesia di fakultas ilmu budaya Institut ilmu sosial dan ilmu budaya samawa rea. Penelitian ini menggunakan metode desktiptif kualitatif yaitu penelitian yang bertujuan untuk menghasilkan data deskriptif berdasarkan kenyataan atau fenomena yang ada secara empiris pada penutur dan hasil pemaparan bersifat apa adanya. Hasil penelitian terhadap pematuhan dan pelanggaran terhadap prinsip sopan santun mahasiswa dengan dosen dan mahasiswa dengan mahasiswa program studi sastra Indonesia di Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya Samawa Rea menyimpulkan pemakaian maksim kedermawanan sering digunakan karena adanya rasa saling menghormati antara mahasiswa dengan dosen, dan maksim yang sering dilanggar adalah maksim simpati dan maksim kerendahan hati karena banyaknya mahasiswa yang tidak suka dihina dan diejek meskipun ucapan itu mengandung fakta.Kata Kunci: Bahasa, Teori Kesantunan, Pragmatik

Author Biography

Wiwik Surya Utami, Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya Samawa Rea

Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya Samawa Rea

References

DAFTAR RUJUKAN

Chaer, Abdul. 2007. Kajian Bahasa. Jakarta: Rineka Cipta.

Leech, G. 1993. Prinsip-Prinsip Pragmatik. Terjemahan M D D. Oka. Jakarta. Universitas Indonesia

Levinson, Stephen, 1983. Pragmatics. Cambridge: Cambr idge University Press.

Mahsun. (2012). Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya.

Jakarta: Rajawali Pers.

Pranowo. 2015. Teori Belajar Bahasa . Yogyakarta. Pustaka Pelajar

Wijana, I Dewa Putu. 1997. Linguistik, Sosiolinguistik, dan Pragmatik. Makalah dalam Temu Ilmiah Bahasa dan Sastra di Balai Bahasa: Yogyakarta.

Yule, George. 2006. Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Published

2021-12-31

How to Cite

Utami, W. S. (2021). KESANTUNAN BERBAHASA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA PROGRAM STUDI SASTRA INDONESIA DI INSTITUT ILMU SOSIAL DAN ILMU BUDAYA SAMAWA REA. BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA, 10(3), 239–251. https://doi.org/10.24114/bss.v10i3.27208