Penerapan Model Traditional Flipped Learning Berbantuan LMS (Learning Management System) Edlink Pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia (Studi Kasus Di IKIP Budi Utomo Malang)
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kelayakan media LMS (Learning Management System) Edlink terhadap keterlaksanaan model traditional flipped classroom pada mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia IKIP Budi Utomo Malang. Metode yang Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mempelajari RPS Dosen, mengamati pelaksanaan, dan wawancara dengan Dosen Pengampu dan Ketua Program Studi. Untuk mendapatkan datanya, peneliti menggunakan instrumen seperti RPS Dosen, observasi dan lembar wawancara. Dari penyelidikan, peneliti menyimpulkan bahwa: 1) dosen mampu mempersiapkan kegiatan belajar mengajarnya, LMS Edlink dalam pelaksanaan flipped-classroom adalah tersirat dalam rencana pembelajaran; 2) kinerja dosen dalam menggunakan LMS Edlink pada penerapan Flipped classroom dapat mengoptimalkan belajar mahasiswa; 3) saran yang diberikan kepada dosen untuk memperbaiki pengajarannya maka, terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis setelah diberikan perlakuan dengan model traditional flipped classroom berbantuan pada LMS (learning Management systems) Edlink pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia IKIP Budi Utomo Malang.
DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v10i3.29019
Article Metrics
Abstract view : 519 timesPDF - 251 times PDF - 178 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Lis Susilawati, Nurwakhid Muliyono, Luly Zahrotul Lutfiyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.