KETERBACAAN BUKU TEKS KURIKULUM MERDEKA BAHASA INDONESIA KELAS 7 DENGAN GRAFIK FRY
Abstract
Abstrak
Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat keterbacaan wacana siswa kelas 7 SMP pada buku teks Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik simak catat. Langkah-langkah yang digunakan pada penelitian ini adalah (1) memilih wacana pada kegiatan membaca di buku teks untuk sampel yang dianalisis, (2) menganalisis wacana menggunakan formula Grafik Fry, (3) menemukan tingkat keterbacaan wacana siswa, (4) mengelompokkan hasil analisis pada diagram lingkarandalam bentuk persentase dan membahasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 42% dari 12 wacana yang dianalisis sesuai dengan tingkat keterbacaan, 5 wacana sesuai dengan tingkat kelas dan 7 wacana tidak sesuai dengan tingkat kelas. Dari 7 wacana yang tidak sesuai dengan tingkat kelas, 5 wacana tergolong sangat mudah dan 2 wacana tergolong sangat sulit.
Kata Kunci: Formula Grafik Fry, Kurikulum Merdeka, Tingkat Keterbacaan Wacana, Buku Teks Bahasa Indonesia
Full Text:
PDFReferences
Echols, Jhon M dan Shadily Hasan. 2007. Kamus Inggris-Indonesia. Cetakan ke-29. Jakarta: PT Gramedia
Gumono. 2016. Analisis Tingkat Keterbacaan Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas VII Berbasis Kurikulum 2015. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Volume 2 nomor 2(hlm. 132-141)
Harjasujana, Akhmad Slamet, dkk. 1996. Membaca 2. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Inggriyani, Feby dkk. 2022. Grafik Fry dalam Mengukur Keterbacaan Wacana Buku Tematik Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang Volume 8 nomor 1 (hlm. 98-115).
Muslich, Mansur. 2010. Text Book Writing. Jakarta: Ar-Ruzz Media
Patombongi, A. Wardihan, dkk. 2008. Telaah Kurikulum Bahasa Indonesia. Makassar: UNM
Payani, D. dkk. (2003). The Readability Level of the EFL Text and The Reading Comprehension. Lingua: Jurnal Bahasa dan Sastra, 1(5). 43-54.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2018.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 11 Tahun 2005
Subarna, Rakhma, dkk. 2021. Bahasa Indonesia SMP Kelas . Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan BPPP Kemendikbud Ristek.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Tarigan, Henry Guntur, dkk. 2009. Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa.
DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v11i2.38197
Article Metrics
Abstract view : 913 timesPDF - 981 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Ika Febriana, Ayu Nadira Wulandari, Yuliana Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.