Penggunaan Media Video Klip dalam Pembelajaran Menulis Teks Narasi di Kelas VII MTs Muhammadiyah Kota Jambi

Tenti Febri Satia, Yusra D, Imam Suwardi Wibowo

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan media video klip dalam pembelajaran maenulis teks narasi di kelas VII MTs Muhammadiyah Kota Jambi. Pendekatan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Dalam penelitian ini terdapat dua jenis data, yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu dengan  observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji validitas yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode triangulasi sumber data. Teknik analisis data dilakukan dengan tiga tahapan yaitu, 1) reduksi data, 2) penyajian data, dan 3) penarikan kesimpulan. Prosedur dalam penelitian ini juga melalui tiga tahapan yaitu, 1) tahap persiapan, 2) tahap pelaksanaan, dan 3) tahap penyelesaian. Hasil penelitian menunjukkan media video klip sangat membatu dalam pengkondisian pembelajaran yang lebih baik. Juga terlihat siswa lebih fokus belajar dan perhatian siswa lebih terpusat. Media video klip mempermudah siswa dalam menulis teks narasi. Siswa lebih mudah dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru. Dengan adanya media video klip siswa tidak merasa bosan dalam belajar.

 

Kata Kunci: media video klip, menulis, teks narasi

 


Full Text:

PDF

References


Agustinova, D. E. (2015). Memahami Metode Penelitian Kualitatif Teori & Praktik. Yogyakarta: Calpulis.

An Nisa, A. K., Haryadi, & Nuryatin, A. (2022). Penerapan Media Video dan Model Discovery Learning dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Materi Teks Cerpen Kelas IX di SMPN 5 Depok. Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia, 11(3), 216-226.

Budiyono, H. (2012). Pembelajaran Keterampilan Menulis Berbasis Proses Menulis dan Teori Pemerolehan Bahasa. Jurnal Pena, 2(3), 1-13.

Creswell, J. W. (2007). RESEARCH DESIGN Pendekatan Kualitatif, kuantitatif dan Mixed Edisi Ketiga. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dewi, Y., Mikaresti, P., & Salim, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Mata Kuliah Akting Berbasis Berbasis Youtube pada Materi Olah Tubuh dan Olah Mimik. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 10(2), 14-30.

Eliya, I. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Narasi Berbasis Nilai-nilai Islami untuk Siswa MTs di Kabupaten Pemalang. At-Ta'lim, 18(2), 337-384.

Hadi, S. (2017). Evektifitas Penggunaan Video sebagai Media Pembelajaran untuk Siswa Sekolah Dasar. Prosiding, 1(15), 96-102.

Keraf, G. (2010). Argumentasi dan Narasi Lanjutan III. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Khasanah, K. (2013). Keefektifan Penggunaan Teknik Reflektif Berbantuan Media Video Klip dalam Pembelajaran Menulis Kreatif Puisi pada Siswa Kelas XI IPA SMP Negeri 2 Mertoyudan, Magelang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Khulsum, U., Hudiyono, Y., & Sulistyowati, E. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen dengan Media Storyboard pada Siswa Keas X SMA. DIGLOSIA, 1(1), 1-12.

Marliana, R., & Indihadi, D. (2020). Teknik Barinstorming pada Model Pembelajaran Menulis Teks Narasi. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 105-115.

Moeliono. (2003). Kamus Besar Bahasa Inonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional Balai Pustaka.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 3(2), 171-187.

Ribawati, E. (2015). Pengaruh Pengguan Media Video terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Candrasangkala, 1(1).

Wulandari, Y. T., Suryanto, E., & Saddhono, K. (2015). Penerapan Metode Picture And Picture untuk Meningkatkan Motivasi dan Keterampilan Menulis Teks Narasi pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. BASASTRA Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra dan Pengajarannya, 3(2), 1-18.

Yendrita, & Syafitri, Y. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Biologi. Biodusains: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 2(1), 27-32.

Zahra, N. (2021) . Penggunaan Media Video Klip Lagu “Mungkin Hari Ini Esok atau Nanti” dalam Pembelajaran Menulis Teks Narasi Siswa MTs Al-Falah Pengasingan Gunungsindur Bogor. Skripsi. Tidak diterbitkan. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Uin Syarif Hidayatullah: Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v12i1.43352

Article Metrics

Abstract view : 205 times
PDF - 240 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Tenti Febri Satia, Yusra D, Yusra D, Imam Suwardi Wibowo, Imam Suwardi Wibowo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.