Kemampuan Memparafrasekan Puisi “AKU” Karya Chairil Anwar Menjadi Prosa oleh Siswa Kelas X SMK Swasta Tamansiswa Pematangsiantar Tahun Pembelajaran 2015/2016

Enda Rezita Bangun, Fitriani Lubis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan memparafrasekan puisi “AKU” karya Chairil Anwar menjadi prosa oleh siswa kelas X SMK Swasta Tamansiswa Pematangsiantar Tahun Pembelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini berjumlah 305 siswa. Dari populasi tersebut, ditetapkan 52 orang siswa yang diambil secara acak sebagai sampel penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes penugasan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah kemampuan memparafrasekan puisi “AKU” karya Chairil Anwar menjadi prosa oleh siswa kelas X SMK Swasta Tamansiswa Pematangsiantar tahun pembelajaran 2015/2016 masuk dalam kategori cukup, dengan nilai rata-rata 65. Ada lima aspek yang dinilai dari kemampuan memparafrasekan puisi menjadi prosa yaitu aspek kesesuaian tema, kemampuan mengubah kata bermakna kias/konotasi dalam puisi menjadi bermakna sebenarnya, kemampuan mengubah kata-kata sulit menjadi kata atau uraian yang sederhana, ide pokok dan keefektifan kalimat. Berdasarkan hasil penelitian, aspek kesesuaian tema memperoleh nilai rata-rata tertinggi 87,5 yang berada pada kategori baik sekali. Aspek mengubah kata bermakna kias/konotasi dalam puisi menjadi makna sebenarnya memperoleh nilai rata-rata 75 yang berada pada kategori cukup. Aspek mengubah kata-kata sulit menjadi kata atau uraian yang sederhana memperoleh nilai 71, 5 yang berada pada kategori cukup. Aspek ide pokok memperoleh nilai 57,5 yang berada pada kategori cukup dan aspek keefektifan kalimat memperoleh nilai 38,5 yang berada pada kategori kurang.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v5i4.4383

Article Metrics

Abstract view : 497 times
PDF - 128 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Enda Rezita Bangun, Fitriani Lubis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.