MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CANCA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI SMP NEGERI 1 KISARAN

Riska Wahyuni Lubis, Nila Sudarti, Yuliana Yuliana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa melalui media pembelajaran berbasis canva di SMP Negeri 1 Kisaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari empat langkah yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di Kelas VIII-7 di SMP Negeri 1 Kisaran dengan jumlah siswa 31 siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran berbasis canva dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukan dengan perolehan hasil belajar. Hasil belajar siswa pada prasiklus yaitu siswa yang tuntas sebanyak 9 siswa dari 31 siswa yang ada atau 51,62%. Pada kegiatan siklus I yaitu siswa yang tuntas sebanyak 25 siswa dari 31 siswa yang ada atau 80,64%. Pada kegiatan siklus II yaitu siswa yang tuntas meningkat menjadi 29 siswa dari 31 siswa yang ada atau 93,54%. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa sudah memenuhi ketuntasan yang efektif, yaitu >85%.

Kata kunci: Media Pembelajaran, Canva, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi dan Supardi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. (2011). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Cholik, C.A. (2017). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan pendidikan di Indonesia. Jurnal Ilmiah Indonesia. 2 (6). 21-30.

Citradevi, Cindy Paramita. (2023) Canva sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran IPA: Seberapa Efektif? Sebuah Studi Literatur. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru. 8(2). 270-275.

Cookson, M.D., dkk. (2019). Media Pembelajaran. No. 1996. Hal. 13–45.

Dewi, dkk. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dengan Menggunakan Media Pembelajaran Aplikasi Canva.com ada Siswa SMK Pancasila. Jurnal Program Studi PGMI. 9(4).

Mila, N., dkk. (2021). Efektivitas Pemanfaatan Canva Sebagai Media Pembelajaran Daring, Pros. Semin. Nas. Penelit. dan Pengabdi. 2021, “Penelitian dan Pengabdi. Inov. pada Masa Pandemi Covid-19”, Hal. 181–188.

Pelangi, Garis. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo Unpam. 8(2).

Purwanto. (2012). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rahmawati, P. (2019). Pengembangan Picture Storybook Masa Penjajahan Portugis di Indonesia guna Meningkatkan Pemahaman Konsep Sejarah dan Semangat Kebangsaan Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Yogyakarta: Skripsi S2 Universitas Negeri Yogyakarta.

Randika, R., dan Sani Safitri. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Canva Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Sejarah Lokal di Kelas VIII di SMP Negeri 34 Palembang. Danadyaksa Historica. 3(2). 107-112.

Suprihatiningrum, Jamil. (2013). Strategi Pembelajaran: Teori Aplikasi. Yogyakarta: Ar Russ Media.

Trianto. (2011). Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas “Classroom Action Research Teori dan Praktik”. Surabaya: Prestasi Pustaka Raya.

Triningsih, Diah Erna. (2021). Penerapan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Kemampuan Menyajikan Teks Tanggapan Kritis Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek. Cendekia: Journal of Education and Teaching. 15(1). 128–144.

Wardhanie, A. P, dkk. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Canva untuk Desain Grafis dan Promosi Produk pada Sekolah Islami berbasis Kewirausahaan. Society: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat. 2(2). 51–58.




DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v13i3.59869

Article Metrics

Abstract view : 25 times
PDF - 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Riska Wahyuni Lubis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
slot gacor slot