FENOMENA CAMPUR KODE MASYARAKAT MELAYU KUALA TUNGKAL DI MEDIA SOSIAL: KAJIAN SOSIOLINGUISTIK
Abstract
Bahasa merupakan alat komunikasi yang melibatkan simbol-simbol lisan dan tulisan untuk mengekspresikan pemikiran serta perasaan. Dalam konteks masyarakat Kuala Tungkal, penggunaan bahasa Melayu dialek lokal bersamaan dengan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris menciptakan fenomena campur kode yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis campur kode pada caption Instagram dari sembilan akun yang berfokus pada Kuala Tungkal, yaitu @hitstungkal, @tungkalbecerite, @tungkal_barometer, @tungkalvoice, @kuliner_tungkal, @tungkal_fyp, @tungkal_kite_punye, @kabarkualatungkal, dan @wisatatanjabbarat_. Dengan pendekatan deskriptif kualitatif serta teori sosiolinguistik dan konsep campur kode dari Muysken (2000) yang mencakup insertion, alternation, dan congruent lexicalization, penelitian ini menemukan bahwa pencampuran bahasa tersebut dipengaruhi oleh globalisasi dan akses terhadap media sosial. Temuan ini diharapkan memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang interaksi bahasa dalam masyarakat lokal serta dampaknya terhadap identitas budaya dan komunikasi di era modern.
Full Text:
PDFReferences
Anggrestia, N. V., Jayanti, R., Wahyuningsih, R. S., Zahro, F., & Rosadha, S. A. (2024). Alih Kode Campur Kode dalam Interaksi Pembelajaran Bimbel AHE Raja Edukasi Kedunglengkong. Journal of Education Research, 5(2), 1998–2007.
Febriyanti, U., & Syihabuddin, Y. N. (2021). Realisasi Kebijakan Bilingual Area terhadap Punishment dan Reward. Jurnal Taqdir, 7(1).
Kusmana, A., & Izar, J. (2018). Pemetaan Bahasa Daerah di Provinsi Jambi. Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 2(02), 289-â.
Maharani, S. I. (2023). Alih Kode dan Campur Kode dalam Komunikasi Komunitas Pecinta Film Cinefoxx. Jurnal Etnolingual, 7(1), 67–91.
Muysken, P. (2000). Bilingual Speech: A Typology of Code-Mixing. Cambridge University Press.
Nababan, P. W. J. (1986). Sosiolinguistik: sebuah pengantar. Gramedia.
Nisa, K. M. (2018). Glokalisasi: Membangun Pendidikan Global Berbasis Kearifan Lokal Pada Pondok Modern. An-Nuha: Jurnal Kajian Islam, Pendidikan, Budaya Dan Sosial, 5(1), 101–116.
Niwanda, A., Harahap, M. A., & Rahmadani, P. (2024). Bahasa dan Budaya Sebagai Cerminan Kepribadian Seseorang Perspektif Kasus Budaya Jawa. PUSTAKA: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 4(3), 184–192.
Noviasi, N., Usop, L. S., Perdana, I., Poerwadi, P., Diman, P., & Linarto, L. (2021). Campur Kode Dalam Iklan Penawaran Barang di Forumn Jual Beli Online Facebook Kota Palangka Raya (Kajian Sosiolinguistik). Enggang: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 2(2), 18–31.
Nurhayana, F. I., Suparmin, S., & Wicaksana, M. F. (2023). Campur Kode Bahasa Pada Remaja Dalam Jejaring Sosial Di Instagram. Asas: Jurnal Sastra, 12(1), 100. https://doi.org/10.24114/ajs.v12i1.42217
Paramita, N. P. (2017). Implementasi pendekatan sosiolinguistik dalam pembelajaran Bahasa arab. AL-MANAR: Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 6(2), 163–192.
Rahim, A. (2021). Kesultanan Jambi dalam Jaringan Perdagangan Antar Bangsa (1480-1834). Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(3), 1432–1446.
Ramdhan, M. (2021). Metode penelitian. Cipta Media Nusantara.
Saing, S. A. (2023). Menjelaskan Peran Budaya dan Bahasa Dalam Membentuk Identitas Dirinya Melalui Berkhebinekaan Global dan Creativity Di Kelas 5. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(4), 595–610.
Salsabila, M., Rukiyah, S., & Fitriani, Y. (2022). Penggunaan Campur Kode Pada Kolom Komentar Akun Instagram Deddy Corbuzier. Jurnal Literasi, 6(2), 220. https://doi.org/10.25157/literasi.v6i2.8010
Sarosa, S. (2021). Analisis data penelitian kualitatif. Pt Kanisius.
Setiawati, I., Mustika, R. I., & Primandhika, R. B. (2021). Campur Kode Netizen Dalam Komentar Instagram “Persib Official.” Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 23–30.
Yulianto, E., & Samosir, A. (2021). Campur Kode pada Takarir di Akun Instagram “Selebgram” Indonesia. Deiksis, 13(3), 204. https://doi.org/10.30998/deiksis.v13i3.9857
DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v13i3.64734
Article Metrics
Abstract view : 21 timesPDF - 4 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Fajriani Fitri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.