SEKOLAH MENENGAH PERTAMA TERBUKA SEBAGAI SOLUSI ALTERNATIF PENDIDIKAN BAGI MASYARAKAT DI KOTA BINJAI

Amelia Syahputri, Sulian Ekomila

Abstract


Sekolah Menengah Pertama (SMP) Terbuka merupakan salah satu Sekolah Publik yang didirikan Pemerintah sebagai salah satu pendidikan alternatif bagi masyarakat menengah ke bawah atau dapat dikatakan sebagai masyarakat miskin yang mengalami berbagai kendala seperti keterbatasan biaya (miskin), waktu karena harus sekolah sambil bekerja paruh waktu, terisolir dari pusat pendidikan untuk mendapatkan pendidikan di sekolah, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan karakteristik dan latar belakang siswa, mengetahui dan mendeskripsikan penyelenggaraan dan proses belajar, mendeskripsikan pandangan masyarakat mengenai penyelenggaraan Sekolah Menengah Pertama Terbuka Binjai Utara Kota Binjai khususnya mengenai kendala˗kendala siswa, seperti lokasi, jarak tempuh, fasilitas dan prasarana. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan penelitian terdiri dari informan utama yaitu siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama Terbuka Binjai Utara Kota Binjai, serta informan tambahan adalah, Wakil Kepala Sekolah, Guru-guru Bina, Guru pamong serta masyarakat Kota Binjai. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Terbuka Binjai Utara Kota Binjai. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa masyarakat miskin merasa sangat terbantu dengan berbagai kemudahan seperti pembebasan biaya sekolah serta beasiswa yang didapatkan setiap siswa-siswi dari pemerintah, masyarakat mengaku bahwa Sekolah Menengah Pertama Terbuka Binjai Utara Kota Binjai merupakan salah satu sekolah publik pilihan yang didirikan oleh pemerintah untuk meningkatkan kecerdasan anak bangsa  dan sebagai wujud nyata pemerintah dalam mewujudkan peraturan wajib belajar selama 9 tahun bagi masyarakat untuk mendapatkan pendidikan sebagai solusi alternatif pendidikan bagi masyarakat yang mengalami berbagai kendala untuk mendapatkan sebuah pendidikan.


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu. 2007. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: PT Asdi Mahasatya

Damsar. 2011. Pengantar Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Kencana

Departemen Pendidikan Nasional. 2009. Panduan Pelaksanaan Penyelenggaraan SMP Terbuka. Jakarta: Sai Global

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama. 2010. Era Mutu SMP. Jakarta: Sai Global

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama. 2010. Sejarah Perkembangan Kurikulum SMP. Jakarta: Sai Global

Gunawan, Ary H. 2000. Sosiologi Pendidikan (Suatu Analisis Sosiologi Tentang Pelbagai Problem Pendidikan). Jakarta: PT Rineka Cipta

Mudyahardjo, Redja. 2001. Pengantar Pendidikan (Sebuah Studi Awal Tentang Dasar-dasar Pendidikan pada Umumnya dan Pendidikan di Indonesia). Jakarta: Rajagrafindo Persada

Moleong, Lexy J. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Perdana, Aria Pratita. 2010. Implementasi Kebijakan SMP Terbuka (Kajian Tentang Ketersediaan Resource Dalam Mewujudkan Wajib Belajar Pendidikan Dasar 9 Tahun Bagi Warga Miskin Di Kecamatan Brati Kabupaten Grobogan). Skripsi: Universitas Sebelas Maret Surakarta. http://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/14609/Implementasi-kebijakan-SMP-terbuka-kajian-tentang-ketersediaan-resource-dalam-mewujudkan-wajib-belajar-pendidikan-dasar-9-tahun-bagi-warga-miskin-di-kecamatan-Brati-kabupaten-Grobogan (diakses pada 12 Agustus 2016 pukul 13.32 wib )

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Supiyanti. 2011. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Anak Putus Sekolah Pada Masyarakat Nelayan Di Desa Sialang Buah Kecamatan Teluk Mengkudu Kabupaten Serdang Bedagai. Skripsi: Universitas Negeri Medan

Tirtarahardja, Umar dan La Sulo, S. L. 2005. Pengantar Pendidikan.Jakarta: PT Asdi Mahasatya

http://www.homeschoolingyuisha.com/2014/09/jenis-jenis-pendidikan-alternatif-di.html (diakses pada 28 Desember 2016 pukul 15.05 wib)

https://www.google.com/search?q=pengertian+pendidikan+smp&ie=utf-8&oe=utf-8 (diakses pada 11 Desember 2016 pukul 11.15 wib)

http://www.teoripendidikan.com/2014/05/makalah-pengertian pendekatan.html (di akses pada Desember 2016 pukul 19.45 wib)

http://www.jurnalasia.com/edukasi/sumut-minim-peserta-lomojari-smp-terbuka/ (di akses pada Maret 2017 pukul 19.50 wib)

http://m.radarkaltim.prokal.co/read/news/3136-atasi-kesenjangan-sekolah-terbuka-diperbanyak.html (di akses pada Maret 2017 pukul 19.45 wib)




DOI: https://doi.org/10.24114/bdh.v2i1.18870

Article Metrics

Abstract view : 74 times
PDF - 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright @2017 - 2020. Program Studi Pendidikan Antropologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Medan