Kesetaraan Perempuan Disabilitas dalam Mewujudkan Pembangunan Indonesia Berkelanjutan (SDGs) Melalui Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia (HWDI) Wilayah Sumatera Utara di Kota Medan

Argitha Aricindy, Rosramadhana Rosramadhana, Dina Maulina Nasution, Isnaini Khairunnisa Harahap

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan terkait sejarah terbentuknya Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia Wilayah Sumatera Utara, program  HWDI serta ketercapaian program yang sudah dilaksanakan terhadap setiap anggotanya. Adapun yang menjadi informan dari penelitian ini berjumlah 6 (enam) orang yaitu bagian dari rehabilitasi dan disabilitas Dinas Provinsi Sumatera Utara, penggagas HWDI, Ketua Umum Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia Provinsi Sumatera Utara dan 3(tiga) orang anggota HWDI yang sudah menjadi anggota lebih dari 1 (satu) tahun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan observasi partisipasi, wawancara mendalam, dokumentasi terhadap setiap informan.  Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu terdapat lima tahapan. Berdasarkan hasil dari penelitian ini dapat ditemukan HWDI adalah lembaga yang menaungi wanita disabilitas yang terbentuk sejak tahun 2006 oleh Ibu Dra. Jenny Hariayani HWDI berpusat di Jakarta. Adapun tujuan dari HWDI yaitu untuk memperjuangkan hak setiap wanita disabilitas dikarenakan selama ini beberapa anggota HWDI pernah mengalami dan mendapatkan perlakuan yang tidak adil antara disabilitas laki-laki dan perempuan serta agar wanita disabilitas memiliki skill dan keterampilan hingga survive dilingkungan sekitar, sejalan dengan tujuan SDGS dalam kesetaraan gender.


Full Text:

PDF

References


Modal Kerja, Cetakan Pertama. Jakarta: Rineka Cipta.

Alfirdaus, L. K. (2018). MENAJAMKAN PERSPEKTIF GENDER , MEMBERDAYAKAN PEREMPUAN DAN MENCAPAI SDGs ( SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS ). 13(1), 24–40.

Amal, I., & Armawi, A. (1996). Sumbangan ilmu sosial terhadap konsepsi ketahanan nasional. Gadjah Mada University Press.

Arjani, N. L. (2008). Kesetaraan dan Keadilan Gender (KKG) dan Tantangan Global. INPUT: Jurnal Ekonomi Dan Sosial, 1(2), 43810.

Boserup, E., Tan, S. F., & Toulmin, C. (2013). Woman’s role in economic development. Routledge.

Bungin, B. (2001). Metodologi penelitian kualitatif.

Coleridge, S. T. (2001). Aids to reflection, in the formation of manly character, on the several grounds of prudence, morality, and religion (Vol. 1). Classic Books Company.




DOI: https://doi.org/10.24114/bdh.v2i2.21673

Article Metrics

Abstract view : 246 times
PDF - 246 times

Refbacks



Copyright @2017 - 2023. Program Studi Pendidikan Antropologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Medan

akun pro jepangkkn777https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/https://rsp.unri.ac.id/stats/ikanarwana/https://jippm.uho.ac.id/public/site/macau/https://conference.univpancasila.ac.id/lib/gacor4d/https://jitel.polban.ac.id/plugins/maria/https://jitel.polban.ac.id/plugins/supercepat/https://conference.univpancasila.ac.id/lib/kambo/https://elijo.umpwr.ac.id/course/classes/superhoki/https://rsp.unri.ac.id/stats/demoterus/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/styles/menangya/scatter hitam