Analisis Pembelajaran Sejarah Berbasis E-Learning di Sumatera Utara pada Masa Pandemi Covid-19

Najuah Najuah, Ricu Sidiq, Pebri Hastuti

Abstract


Pandemik covid-19 mempengaruhi segala aspek kehidupan termasuk pendidikan. Penutupan sekolah sebagai tempat untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran, memaksa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mencari alternatif pengganti agar proses pembelajaran tetap bisa berlangsung.  Alternatif yang menjadi pilihan adalah menerapkan model pembelajaran berbasis e-learning. Penelitian ini bertujuan untuk mendapat gambaran pelaksanaan pembelajaran sejarah berbasis e-learning di beberapa sekolah di Sumatera Utara pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Jenis data yang digunakan adalah berasal dari penelitian terdahulu berupa hasil penelitian dari berbagai artikel dan juga sumber pustaka. Subjek dalam penelitian ini adalah guru sejarah dan siswa dari beberapa sekolah di Sumatera Utara. Data yang dikumpulkan, dianalisis dan kemudian disimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pelaksanaan pembelajaran sejarah berbasis e-learning berjalan dengan cukup baik, namun masih belum dirasa efektif dan ideal oleh guru dan siswa. Kurang efektifnya pembelajaran sejarah berbasis e-learning dapat terjadi karena kurangnya kesiapan guru dalam menyusun RPP (rancangan pelaksanaan pembelajaran) sehingga mempengaruhi jalannya pembelajaran. Terdapat beberapa kendala yang menghambat berjalannya pembelajaran e-learning dibeberapa sekolah di Sumatera Utara yaitu kuota internet yang terbatas, jaringan internet yang tidak stabil, keterbatasan fasilitas berupa sarana dan prasarana, terpecahnya konsentrasi siswa akibat harus mengikuti beberapa mata pelajaran sekaligus daitambah dengan banyaknya tugas ysng diberiksn oleh guru kepada siswa sehingga membuat siswa merasa kesulitan.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/bdh.v3i1.23420

Article Metrics

Abstract view : 392 times
PDF - 199 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright @2017 - 2024. Program Studi Pendidikan Antropologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Medan