Peran Guru dalam Membina Karakter Siswa di Madrasah Aliyah Swasta Perkumpulan Amal Bakti 2 Helvetia Medan
Abstract
Tulisan bertujuan untuk menjelaskan jenis- jenis karakter yang dibina oleh guru, pembinaan yang dilakukan, dan kendala yang dialami guru dalam membina karakter siswa di Madrasah Aliyah Swasta Perkumpulan Amal Bakti 2 Helvetia. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Teknik analisis data dilakukan antara lain, pengumpulan data, reduksi data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa ada beberapa karakter yang dibina oleh setiap guru. Guru sangat berupaya keras menanamkan nilai- nilai seperti mandiri, tanggung jawab, kerja sama, perduli terhadap sesama serta penekanan akhlaqul karimah. Upaya tersebut tidak terlepas dari program-program yang telah disepakati bersama dan telah menjadi budaya. Namun yang menjadi kendala adalah peserta didik dan orang tua yang kurang mendukung dalam proses pembinaan. Tidak dapat melakukan proses pembinaan jika hanya mengandalkan guru dan pihak sekolah. Maka sekolah, peserta didik dan orang tua harus saling bersinergi demi berjalannya pembinaan agar dapat mencetak generasi emas yang sesuai dengan nilai- nilai dan norma yang berlaku di masyarakat.
Full Text:
PDFReferences
Diana ratnawati, b. r. (2015). faktor-faktor yang mempengaruhi pendidikan karakter holistik siswa SMKA di kota Malang. 29-35.
Lestari, A. P. (2015). Pengembangan Karakter Siswa Melalui Pendekatan Guru dan Orang Tua . Jurnal Pendidikan Pada Masyarakat, 1-4.
Mudri, M. (2010). kompetensi dan peranan guru dalam pembelajaran . jurnal falasifa, 111-124.
Muchson AR., M. &. (2015). Dasar-Dasar Pendidikan Moral ( Basis Pengembangan Pendidikan Karakter). Yogyakarta: Ombak.
Nurul Zuriah, M. (2015). pendidikan moral & budi pekerti dalam perspektif perubahan. Jakarta: Bumi Aksara.
Rochmawati, N. (2018). Peran Guru dan Orang Tua Membentuk Karakter Jujur Pada Anak. Jurnal Studi dan Penelitian Pendidikan Islam, 1-12.
Salim, M. &. (2011). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Citapustaka Media.
Sarwono, P. D. (2017). Teori-teori psikologi sosial. Jakarta: Rajawali pers.
Wibowo, A. (2013). Pendidikan Karakter Berbasis Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
DOI: https://doi.org/10.24114/bdh.v2i2.24877
Article Metrics
Abstract view : 324 timesPDF - 141 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright @2017 - 2024. Program Studi Pendidikan Antropologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Medan