Identifikasi Kesalahan Penulisan Aksara Jawa pada Tokoh Masyarakat Dusun Piyungan
Abstract
Penelitian berjudul Identifikasi Kesalahan Penulisan Aksara Jawa pada Tokoh Masyarakat Dusun Piyungan ini bertujuan untuk memaparkan penjelasan kesalahan-kesalahan yang sering terjadi dalam penulisan aksara Jawa di masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Berdasarkan data yang diperoleh dari 9 orang sampel, terdapat beberapa bentuk kesalahan penulisan aksara Jawa. Bentuk-bentuk kesalahan penulisan tersebut antara lain kekeliruan dalam menuliskan aksara carakan, kesalahan penggunaan pasangan aksara Jawa, dan kesalahan penggunaan sandhangan. Sehingga terdapat 3 kategori kesalahan penulisan aksara Jawa yang dilakukan oleh tokoh masyarakat di Dusun Piyungan.
This research, entitled Identify of Errors in Writing Javanese Script among Public Figure in Piyungan Village aims to provide an explanation of the errors that often occur in writing Javanese script in society. This research used qualitative method with descriptive approach. Based on data obtained from 9 samples, there are several forms of errors in writing Javanese script. These forms of writing errors include errors in writing characters carakan, error in using Javanese character pairs, and error in usage sandhangan. So there are 3 categories of errors in writing Javanese characters made by public figure in Piyungan Village.
Full Text:
PDFReferences
Peraturan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta nomor 64 tahun 2013.
Arifin, Fadli Nur. 2021. Pendampingan Belajar Aksara Jawa Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Pengabdian, 1 (2): 129-137.
Brown, Nina., Thomas Mcllwraith, Laura Tubelle de Gonzalez. 2020. Perspective: An Open Introduction to Cultural Anthropology. Texas: American Anthropology Association.
Doda, Zerihun. 2005. Introduction to Sociocultural Anthropology. Washington: United States Agency for International Development.
Ekowati, Venny Indria. 2017. Filologi Jawa: Panduan Lengkap Praktik Penelitian Filologi. Yogyakarta: UNY Press.
Endraswara, Suwardi. 2017. Metode Penelitian Antropologi Budaya: Pengenalan, Pemahaman, dan Penerapan. Yogyakarta: Pascasarjana UNY.
Endraswara, Suwardi. 2020. Antropologi Jawa. Yogyakarta: FBS UNY.
Ferdika., I Made Suardana, M. Imron Rosyadi. 2020. Peningkatan Minat Baca dan Menulis Aksara Jawa Melalui Metode Quantum Teaching pada Siswa Kelas IV SDN 03 Wirotaman Kecamatan Ampelgading Kabupaten Malang. Jurnal Pendidikan Dasar, 5 (2): 181-188.
Hardjawijana, Harjana, dkk. 2003. Pedoman Penulisan Aksara Jawa. Yogyakarta: Yayasan Pustaka Nusantara.
Mardikarini, Sasi. 2019. Analisis Kesalahan Penulisan Aksara Jawa pada Mata Kuliah Bahasa Daerah. Jurnal Eduscotech, 1 (1): 63-71
Mulyani, Hesti. 2014. Teori dan Metode Pengkajian Filologi. Yogyakarta: Astungkara.
Rustanti, Avita Putri., Hadi Mulyono, Joko Daryanto. Peningkatan Keterampilan Menulis Aksara Jawa Melalui Model Teams Games Tournament Berbasis Media Rotar Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Dwija Indira, 1 (1): 1-8
Seremetakis, Nadia. 2017. An Introduction to Cultural Anthropology. Cambridge: Cambridge Scholars Publishing.
Sunarsih. 2017. Peningkatan Keterampilan Menulis Aksara Jawa di Sekolah Dasar Melalui Metode Jigsaw. Jurnal Ideguru, 2 (2): 81-90
Wesch, Michael. 2018. The Art of Being Human: A Textbook for Culltural Anthropology. Kansas: New Prairie Press.
DOI: https://doi.org/10.24114/bdh.v6i1.54307
Article Metrics
Abstract view : 161 timesPDF - 71 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright @2017 - 2024. Program Studi Pendidikan Antropologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Medan