Peningkatan Minat Belajar Siswa Tipe Teknik Keliling Kelompok pada Pembelajaran Budi Pekerti dan Agama

Nahdatul Khairunisa, Martin Kustati, Gusmirawati Gusmirawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan minat belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui metode Cooperative Learning tipe Teknik keliling kelompok. Pendekatan penelitian ini adalah menggunakan  jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif . Penelitian deskriptif, diartikan sebagai metode dalam meneliti status sekelompok manusia, objek, suatu kondisi, serta sistem pemikiran, ataupun suatu kelas peristiwa pada masa sekarang.Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu data analisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran. Beberapa hal yang dapat disimpulkan dari penelitian ini antara lain : sebagian besar peserta didik memiliki tingkat minat belajar yang kuat dalam belajar PAI, dengan lebih dari 60%, namun, ada juga siswa yang memiliki tingkat minat belajar yang lebih rendah, dengan sekitar 13,3% dari mereka karena tidak mencatat selama pelajaran, dan 10% dari mereka tidak peduli dengan penjelasan yang diberikan oleh guru, ini menunjukkan bahwa masih ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan untuk memaksimalkan.Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan metode Cooperative Learning tipe Teknik keliling kelompok dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi pekerti. Hasil kesimpulan dari penelitian ini anak-anak minat nak-anak juga sangat dipupuk sekali sehingga terjadi peningkatan dalam pembelajaran.

 

This study aims to describe the increase in student learning interest in learning Islamic Religious Education and Ethics through the Cooperative Learning method type of group traveling techniques. This research approach is to use a type of field research that is descriptive qualitative. Descriptive research, defined as a method of examining the status of a group of humans, objects, conditions, and systems of thought, or a class of events in the present. Data collection techniques carried out are questionnaires, interviews and documentation. Data analysis is carried out descriptively qualitatively with the flow method, namely data analysis since the learning action is implemented and developed during the learning process. Some things that can be concluded from this study include: most learners have a strong level of learning interest in learning PAI, with more than 60%, however, there are also students who have a lower level of interest in learning, with about 13.3% of them for not taking notes during lessons, and 10% of them not caring about the explanations given by the teacher,   This shows that there are still some things that need to be improved to maximize. This study concluded that the application of the Cooperative Learning method type of group traveling technique can increase students' interest in learning Islamic Religious Education and Ethics. The conclusion of this research is that children's interest is also greatly fostered so that there is an increase in learning.


Full Text:

PDF

References


Firmansyah, M. I. (2019). Pendidikan Agama Islam: Pengertian, tujuan, dasar, dan fungsi. Taklim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 17(2), 79–90.

Mastuti, S. E. (2013). Perbedaan Pengaruh Pemberian Apersepsi Terhadap Kesiapan Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Kelas VII A. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 2(6). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/2348

Rukajat, A. (2018). Pendekatan penelitian kuantitatif: Quantitative research approach. Deepublish. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=1pWEDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=jat+Rukajat,+Pendekatan+Penelitian+Kuantitatif:+Quantitative+Research+Approach.+Yogyakarta:+Deepublish,+2018,+hlm+1&ots=9QhBCq7Hm3&sig=DseIpekjQ-amho4_gzzye3X9cF0

Sirait, E. D. (2016). Pengaruh minat belajar terhadap prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1). https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/750

Suryani, P., Wendra, I. W., & Suandi, I. N. (2014). Pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks di kelas X SMA Negeri 1 Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 2(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/article/view/3440

Wahyuni, W. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Round Club dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasi Belajar PAI. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(01), 20–37.

Winata, H. (2017). Media pembelajaran mempunyai pengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal pendidikan manajemen perkantoran, 2(1), 27–33




DOI: https://doi.org/10.24114/bdh.v6i1.54586

Article Metrics

Abstract view : 74 times
PDF - 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright @2017 - 2024. Program Studi Pendidikan Antropologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Medan

slot gacor slot