Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Akhlak Peserta Didik di MTS Baitul Azhar

Sarinah Sarinah, Ratna Sari Dewi, Reza Mauldy Raharja

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh antara penggunaan gadget terhadap akhlak peserta didik yang ditinjau dari aspek akhlak terhadap tuhan, akhlak terhadap makhluknya, dan akhlak terhadap lingkungan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif.  Data didapatkan dengan metode observasi, dokumentasi, dan juga angket. Data yang didapatkan dari kemudian dianalisis dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji linearitas, dan analisis yang digunakan adalah uji regresi sederhana, uji t, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa t hitung = 11.947 dengan nilai signifikan sebesar 0.001 < 0.05 dengan begitudidapatkan t hitung lebih besar dari t tabel (11.946 > 1.998). dengan demikian dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima dengan signifikasi 5%, yang artinya variable penggunaan gadget memiliki pengaruh yang signifikan terhadap akhlak peserta didik di MTS Baitul Azhar. Hubungan antar variable ini dapat dilihat dari nilai koefisien determinasi. Dari hasil hitung, hasil pengolahan menunjukkan nilai koefisien determinasi sebesar 0.679, yang menunjukkan bahwa pengaruh penggunaan gadget terhaap akhlak peserta didik sebesar 0.679 atau 67%, dan 31% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

 

The purpose of this study is to determine the effect between the use of gadgets on the morals of students in terms of morals towards God, morals towards their creatures, and morals towards the environment. The approach used in this research is quantitative with descriptive methods.  Data obtained by observation, documentation, and questionnaire methods. The data obtained from then analyzed by validity test, reliability test, normality test, homogeneity test, linearity test, and the analysis used is simple regression test, t test, and coefficient of determination. The results of this study indicate that t count = 11.947 with a significant value of 0.001 <0.05, thus getting t count greater than t table (11.946> 1.998). thus it can be concluded that Ho is rejected and Ha is accepted with a significance of 5%, which means that the variable use of gadgets has a significant influence on the morals of students at MTS Baitul Azhar. The relationship between these variables can be seen from the coefficient of determination. From the results, the processing results show the coefficient of determination of 0.679, which indicates that the effect of using gadgets on the morals of students is 0.679 or 67%, and 31% is influenced by other factors not examined in this study.


Full Text:

PDF

References


Angga, P. M. W., Sudarma, I. K., & Suartama, I. K. (2020). E-Komik Pendidikan untuk Membentuk Karakter dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 93

Asiah, S. N., Pranoto, B. A., Sunarsih, D., & Triputra, D. R. (2022). Faktor Kecanduan Gadget Terhadap Perilaku Sosial Peserta Didik Kelas V. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(17), 465-474.

Nikmawati, N., Bintoro, H. S., & Santoso, S. (2021). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Hasil Belajar dan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 254-259.

Erlizah, E. (2022). Pengaruh Penggunaan gadget Terhadap Prestasi Belajar Bagi Mahasiswa Semester III Prodi PAI Jurusan Tarbiyah Fakultas Tarbiyah dan Tadris UIN Fas Bengkulu. Skripsi. Bengkulu: UIN Fatmawati Sukarno.

Iba, L. (2017). Konsep Pendidikan Akhlak dalam Al-Quran (Kajian Tafsir Suart Al-Luqman Ayat 12-19). Al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 128-145.

Putri, P. M. & L. D. (2021). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. El-Athfal: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Anak, 1(1), 59.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhana, M. (2018). Influence of Gadget Usage on Children’s Social-Emotional Development. 169(Icece 2017), 224–227.

Inayah, Y., Ridwan, T., & Abas, S. (2023). Analisis Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Akhlak Siswa. Change Think Journal, 2(03), 263-274.




DOI: https://doi.org/10.24114/bdh.v6i1.58763

Article Metrics

Abstract view : 4 times
PDF - 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright @2017 - 2023. Program Studi Pendidikan Antropologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Medan

akun pro jepangkkn777https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/https://rsp.unri.ac.id/stats/ikanarwana/https://jippm.uho.ac.id/public/site/macau/https://conference.univpancasila.ac.id/lib/gacor4d/https://jitel.polban.ac.id/plugins/maria/https://jitel.polban.ac.id/plugins/supercepat/https://conference.univpancasila.ac.id/lib/kambo/https://elijo.umpwr.ac.id/course/classes/superhoki/https://rsp.unri.ac.id/stats/demoterus/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/styles/menangya/scatter hitam