Beyond Revenge Porn: Pendidikan Karakter dalam Keluarga untuk Membangun Kesadaran Digital yang Beretika

Purnama Sari, Salwiyah Fitriani, Tri Nur Putri, Halimatus Sa'diyah

Abstract


Pendidikan karakter merupakan sumber utama pendidikan yang didapat dari dalam keluarga Keluarga mempengaruhi bagaimana sikap seorang anak dan perilaku sosialnya dengan masyarakat.  Metode dalam penulisan ini menggunakan literature review dengan tujuan untuk mengkaji berbgai Pustaka mengenai pentingnya pendidikan karakter bagi anak dalam melakukan interaksi menggunakan platform social media untuk mengatasi fenomena sosial revenge porn yang menjadi  tantangan moral, nilai dan etika dalam penggunaan internet. Salah satu isu krusial yang perlu ditanggapi dengan serius yaitu revenge porn. Fenomena penyebaran konten seksual pribadi tanpa izin sebagai bentuk balas dendam yang dapat menghancurkan privacy korban dan menimbulkan trauma bagi korban.

 

Character education is the main source of education obtained from within the family. The family influences how a child behaves and his social behavior with society.  The method in this writing uses a literature review with the aim of examining various literature regarding the importance of character education for children in interacting using social media platforms to overcome the social phenomenon of revenge porn which is a moral, value and ethical challenge in internet use. One crucial issue that needs to be taken seriously is revenge porn. The phenomenon of spreading private sexual content without permission as a form of revenge can destroy privacy and cause trauma for the victim


Full Text:

PDF

References


Amalia, R., Alam, F.A., Taufik. (2023). Peran Keluarga Dalam Membentuk Perilaku Anak. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 10(1).

Bonaparte, C. K. (2023). Revenge porn: A growing concern in the digital age and its impact on mental health. Cyberpsychology: Journal of Psychosocial Research, 17(4), 150-165. https://doi.org/10.5817/cp2023-150

Elkind, D & Sweet, F. (2004). Building Character in Schools: Practical Ways to Bring Moral Instruction to Life. San Francisco: Jossey Bass.

Faizah, Hikmah, A.N. (2022). Jam’iyah Diba’iyah: Sarana Internalisasi Nilai Pendidikan Karakter Anak. Al-Riwayah, 14(2).

Fatmawati. (2016). Peran Keluarga Terhadap Pembentukan Kepribadian Islam Bagi Remaja. Jurnal Risalah, 27(1).

Herawati, Endang., Maharani, Putri., Kusuma, Angga., Haryanto, Budi. (2024). Literasi Digital: Upaya Meningkatkan Etika Digital Bagi Siswa di SDN Susukan Tonggoh. Junu: Jurnal Pengabdian Masyarakat Untukmu Nusantara, Vol 1 (10). 23-32.

https://doi.org/10.24252/jmiedu.v1i1.3580

Kaimuddin. (2018). Pembentukan Karakter Anak Melalui Lembaga Pendidikan Informal. Jurnal Al-Maiyyah, 11(1).

Kartini, A., & Maulana, A. (2020). Model Pendidikan Karakter Dalam Keluarga. An-Nisa’: Jurnal Kajian Perempuan&Keislaman, 13(2).

Kusnoto, Y. (2017). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan. SOSIAL HORIZON: Jurnal Pendidikan Sosial, 4(2).

Lickona, T. (2013). Character matters: How to help our children develop good judgment, integrity, and other essential virtues. New York: Simon & Schuster.

Mubarok, M.N. (2021). Manajemen Internalisasi Nilai Karakter Anak Usia Dini di Lingkungan Keluarga. El-Athfal Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Anak, 1(02).

Mutmainah, R., Jumari. (2019). Metode Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Dalam Keluarga Santri, Pedagang dan Guru. El-Islam, 1(1).

Nurfatimah, S. A., Hasna, Shofiyah., Herlambang, Y. T. (2023). Upaya Membangun Kesadaran Etika Berteknologi Melalui Pendidikan Karakter Bagi Generasi Muda. Pediaqu: Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, Vol 2(4), 13261-13275. DOI: https://publisherqu.com/index.php/pediaqu

Nurhaeda. (2019). Peran Keluarga Sebagai Tempat Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Early Childhood Education Indonesian Journal, 2(1).

Nurhaliza, S., Rusly, F., Purwantoro, F. (2023). Internalisasi Nilai Karakter dalam Perspektif Family Education pada Kurikulum Merdeka Belajar. IBTIDA’: Media Komunikasi Hasil Penelitian Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(01).

Omeri, N. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. Manajer Pendidikan, 9(3).

Permana, I. S., Ngiliyun, Ahmad., Subagia, H. A. (2023). Upaya Meningkatkan Etika Bermedia Digital Bagi Siswa di SMP PGRI Karangampel. Adima: Awatara Pengabdian Kepada Masyarakat Jurnal, Vol 1 (1), 25-30. DOI: 10.61434/adima.v1i1.133

Prasetyo, K. (2017). Pengembangan media pembelajaran IPA berbasis Android untuk SD/MI. Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education, 1(1), 122-141.

Rahmadiansyah, Reno. (2024). Membangun Keterampilan Internet Cerdas dan Bijak Bermedia Sosial Bagi Anak dan Remaja Sebagai Upaya Perlindungan Data Pribadi dan Pencegahan Kejahatan Siber. Merkurius: Jurnal Riset Sistem Informasi dan Teknik Informatika, Vol 2 (6), 1-9. DOI: https://doi.org/10.61132/merkurius.v2i6.405

Setiardi, D. (2017). Keluarga sebagai sumber pendidikan karakter bagi anak. Jurnal Tarbawi, 14(2), 143-156.

Setiardi, D. (2017). Keluarga Sebagai Sumber Pendidikan Karakter Bagi Anak. Junal Tarbawi, 14(2).

Setiawan., Fatmawati, Nynda. (2024). Urgensi Perlindungan Identitas Anak Melalui Media Sosial. Akademik: Jurnal Mahasiswa Humanis, Vol 4 (3), 700-712.

Sugiyanto, Okamaisya. (2021). Perempuan dan Revenge Porn: Konstruksi Sosial Terhadap Perempuan Indonesia dari Perspektif Viktimiologi. Jurnal Wanita dan Keluarga, Vol 2 (1), 22-31. DOI: https: //doi.org/10.22146/jwk.2240

Sukiyani, F., & Zamroni. (2014). Pendidikan Karakter dalam Lingkungan Keluarga. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 11(1)

Suriadi, Kamil, Mujahidin. (2019). Pendidikan Karakter Anak Dalam Keluarga. Jurnal Madaniyah, 9(2).

Trisudarmo, R., Wati, D. P., Irawan, D., (2023). Peningkatan Kesadaran dan Penerapan Etika Digital di Kalangan Pengguna Internet. Jurnal Pasopati, Vol 5 (3), 121-125. DOI: https://doi.org/10.14710/pasopati.2023.19879

Wahyuni, S. D. (2023). Pengaruh teknologi komunikasi dan informasi terhadap generasi muda. BeritaBaktiKominfo. https://www.baktikominfo.id/id/detail-berita/dampak-positif-dan-negatif-perkembangan-teknologi-komunikasi-di-era-digital

Widyaningsih, T.S., Zamroni, Zuchdi, D. (2014). Internalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Karakter Pada Siswa SMP Dalam Perspektif Fenomenologis. Jurnal Pembangunan Pendidikan (Fondasi dan Aplikasi), 2(2).

Zainuri, A. (2018). Pendidikan Karakter di Keluarga. Tadrib, IV(2).




DOI: https://doi.org/10.24114/bdh.v6i2.66019

Article Metrics

Abstract view : 26 times
PDF - 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright @2017 - 2024. Program Studi Pendidikan Antropologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Medan

slot gacor slot