PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PRAKTIK MEMBUAT ARANG PADA MATERI HEMAT GAS KELAS IX TUNA GRAHITA SMPLB NEGERI PEMBINA ACEH TAMIANG TP 2016/ 2017

Millati Millati

Abstract


Artikel ini mengangkat masalah bagaimanakah kemampuan siswa kelas IX Tuna Grahita  SMPLB Negeri Pembina Aceh Tamiang menyelesaikan pembelajaran pada materi Hemat Gas. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar  dan membuat siswaKelas IX Tuna Grahita SMPLB Negeri pembina Aceh Tamiang. Metode yang digunakan adalah dengan praktik langsung. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan pengolahan data menggunakan statistik sederhana dalam bentuk penghitungan nilai siklus. Acuan yang digunakan sebagai parameter adalah hasil nilai belajar dengan ketuntasan minimal yaitu nilai 65. Hasil penelitian menunjukkan perubahan secara individual.  


Full Text:

PDF

References


Agip Zainal. 2009. Penelitian Tindakan Kelas Untuk guru SMP, SMA dan SMK, Bandung: Yrama Widya

Amin dan InaYusuf Kesumah, 1991. Problematika Pendidikan Agama Islam Pada Anak Tuna Daksa Penyandang Tuna Daksa.Jakarta Rineke Cipta

B.Uno, Hamzah.dkk.2011. Belajar dengan Pendekatan PIALKEM. Jakarta.Bumi Aksara

Johnson,http://bpgupg.go.id/wi/bhn-diklat/model model-pembelajaran.doc.

Sujana Nana 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: RemajaRosdakarya. http://cacatanipa.blogspot.co.id/2015/06/sistem-pencernaan-pada-manusia.html

https://www.google.co.id/search?q=anatomi+sistem+pencernaan+manusia&espv=2&biw=1024&bih=494&source=lnms&tbm=isch&sa=X&sqi=2&ved=0ahUKEwjbk4TYz7XNAhWCj5QKHSx4AFoQ_AUIBigB#tbm=isch&q=gambaran+sistem+pencernaan+manusia

Tim Abdi Guru. 2006. IPA Terpadu. Jakarta: Erlangga

Widarto,W.,1999.http://www.depdiknas.co.id (1999)

https://core.ac.uk/download/pdf/32339955.pdf




DOI: https://doi.org/10.24114/bdh.v1i2.8392

Article Metrics

Abstract view : 88 times
PDF - 25 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright @2018 Prodi. Pendidikan Antropologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan