PEMANFAATAN BANGUNAN BERSEJARAH DALAM MENDUKUNG AKTIVITAS PARIWISATA DI KOTA MEDAN (STUDI KASUS: KAWASAN BANGUNAN BERSEJARAH DI MEDAN POLONIA)

Egi Dhea Trienditha

Abstract


Artikel mengkaji peninggalan bangunan tua bersejarah dalam aspek sosial dan budaya. Antropologi pariwisata merupakan ilmu yang mengkaji suatu fenomena dalam berbagai aspek. Diantara yang sangat terlihat adalah mengenai fenomena ataupun siklus dari setiap perubahan yang ada didalam pariwisata tersebut.Di kota Medan sendiri sangat banyak tempat atau bangunan yang berpotensi sebagai kawasan pariwisata yang dapat terus dikembangkan kepopulerannya. Memiliki budaya yang sangat multikultural juga membantu dalam proses pembangunan pariwisata menjadi semakin baik.Nilai jual pariwisata tidak hanya terletak dalam aspek penampilan fisik dari bangunan ataupun pemandangan yang ditawarkan. Namun sumber daya manusia juga harus diperhatikan agar orang yang berwisata merasa aman dan nyaman. Terkhusus di kawasan Medan Polonia sangat banyak bangunan dengan usia yang cukup tua masih tetap eksis, walaupun keberadaannya masih dianggap biasa oleh masyarakat setempat.Berdasarkan pemetaan kawasan Medan Polonia. Pariwisata dengan bentuk bangunan tua bersejarah terdapat cukup banyak. Memiliki potensi cukup baik eksistensinya kurang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan pariwisata di kawasan tersebut.


Full Text:

PDF

References


Nandi. 2008. Pariwisata dan Pengembangan Sumberdaya Manusia. Jurusan Pendidikan Geografi. Bandung.

Supardan, Dadang. 2009. Pembelajaran Sejarah Berbasis Pendekatan Multikultural Dan Perspektif Sejarah Lokal, Nasional, Global, Dalam Integrasi Bangsa (Studi Kuasi Eksperimental Terhadap Siswa Sekolah Menengah Atas Di Kota Bandung). Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

Sidabutar, Yuanita F.D. 2007. Pemanfaatan Keberadaan Bangunan Bersejarah Dalam Mendukung Aktivitas Pengembangan Wilayah Di Kota Medan (Studi Kasus: Kawasan Kesawan Dan Lapangan Merdeka). Wahana Hijau. Medan.

Pitana, I Gde dan Ketut Surya Diarta. 2009. Pengantar Ilmu Pariwasata. Andi Publishing. Yogyakarta.

Yoeti, Oka A. 1997. Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata. Pradnya Paramita. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.24114/bdh.v1i2.8397

Article Metrics

Abstract view : 129 times
PDF - 38 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright @2018 Prodi. Pendidikan Antropologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan