EKSPLORASI SENYAWA METABOLIT SEKUNDER HELAIAN DAUN KIRINYUH (Chromolaena odorata) DENGAN Gas Chromatography-Mass Spectroscopy (GC-MS)

Endang Sulistyarini Gultom, Mutiara Sakinah, Uswatun Hasanah

Abstract


ABSTRAK

Kirinyuh (Chromolaena odorata) secara tradisional telah digunakan sebagai tumbuhan obat. Obat tradisional masih banyak digunakan oleh masyarakat dan dianggap sangat bermanfaat karena bahan alam mampu mengobati berbagai macam penyakit dan memiliki efek samping yang relatif lebih kecil dibandingkan obat yang terbuat dari bahan sintesis. Kirinyuh mengandung senyawa metabolit sekunder umumnya flavonoid, alkaloid, steroid, fenol dan terpenoid. Akan tetapi pada beberapa penelitian yang dilakukan tidak dibedakan pada helaian berapa daun diambil, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan senyawa metabolit sekunder daun muda dan daun tua kirinyuh (Chromolaena odorata) dengan metode kromatografi gas. ada perbedaan jumlah senyawa yang diperoleh, pada daun tua memiliki jumlah senyawa yang lebih banyak yaitu 22 senyawa bioaktif daripada senyawa bioaktif yang terdapat pada daun muda yaitu 13 senyawa bioaktif. . γ-sitosterol senyawa yang hanya teridentifikasi pada daun tua dan diisooctyl phthalate dan Bis(2-ethylhexyl) phthalate merupakan golongan senyawa saponin yang hanya terdapat pada daun muda.Senyawa-senyawa bioaktif tersebut termasuk dalam golongan flavonoid, terpenoid, saponin, fenol, alkaloid dan steroid.

Kata kunci : Kirinyuh (Chromolaena odorata), senyawa metabolit sekunder, daun muda, daun tua.


Full Text:

PDF

References


Amir, dan Soendjoto, A.M., 2018, Tumbuhan Yang Dimanfaatkan Sebagai Obat Oleh Masyarakat Dayak Bakumpai Yang Tinggal Di Tepian Sungai Karau, Desa Muara Plantau, Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah Indonesia, Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah, Vol 3 (1) : 127-132.

Anurag, K, Irchaiya, R., Yadaf, A., Gupta, N., Kumar, S., Prakash, A, and Gurjar, H., 2015.Metabolites in plants and its classification. World Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences, Vol 4 (1) : 287-305.

Ardianingsih, R., 2009, Penggunaan High Performance Liquid Chromatohraphy (HPLC) Dalam Proses Analisa Deteksi Ion,Berita Dirgantara, Vol 10 (4) : 101-104.

Dalimunthe, I.C., Rachmawan, A., 2017, Prospek Pemanfaatan Metabolit Sekunder Tumbuhan Sebagai Pestisida Nabati Untuk Pengendalian Patogen Pada Tanaman Karet, Warta Perkaretan, Vol 36 (1) : 15-28.

Djojopranoto, R.R., 2013, Daya Peredam Radikal bebas Ekstrak Etanol Daun Jambu Mente (Anacardium occidentale L.) Terhadap DPPH (1,1-Diphenyl-2- Picrylhydrazyl), Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, Vol2(2) :1- 10.

Fernando, A., Rahmawati, A., 2017, Penentuan Profil Kromatografi Ekstrak dan Fraksi Tumbuhan Pegagan (Centella Asiatica (L.) Urban) Secara Kromatografi Lapis Tipis (KLT) dan Kromatografi Cair Kinerja Tinggi (KCKT), Prosiding Seminar Nasional POKJANAS. ISBN 978-602-60854-0-6.

Frastika, D., Pitopang, R., Suwastika, N. I., 2017, Uji Efektiitas Ekstrak Daun Krinyuh (Chromolaena odorata (L.) R.M. King H.Rob) Sebagai Herbisida Alami Terhadap Perkecambahan Biji Kacang Hijau (Vigna Radiata (L.) R.Wilckzek) dan Biji Karuilei (Mimosa Invisa Mart. Ex Colla),Journal of Science and Technology, Vol 6 (3) : 225-238.

Gandjar, I. G., dan Rohman, A., 2007,Kimia Farmasi Analisis. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Gritter R. J., et al., 1991, Pengantar Kromatografi Edisi 2, ITB. Bandung.

Harbone, J. B., and William, C. A., 2000, Review : Advances in Flavonoid Research Since 1992, Phytochemistry, Vol 55, 481-504.

Hasnirwan, Ibrahim, S., Yanti, M., 2013, Isolasi dan karakterisasi flavonoid pada fraksi aktif antioksidan dari daging buah mahkota dewa (Phaleria macrocarpa (Scheff) Boerl),Open Journal System,




DOI: https://doi.org/10.24114/jbio.v6i1.16450

Article Metrics

Abstract view : 2702 times
PDF - 3605 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

INDEXING

  

 

 

 

JBIO : Jurnal Biosains (The Journal of Biosciences), Program Studi Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan. ISSN 2443-1230 (print) dan ISSN 2460-6804 (online)

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.