EVALUASI KINERJA DOSEN UNIV.SARI MUTIARA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PREFERENCE RANKING ORGANIZATION METHOD FOR ENRICHMENT EVALUATION (PROMETHEE)

Burhanuddin Damanik, Markus Bangun

Abstract


Penilaian kinerja dosen di Universitas Universitas Sari Mutiara Indonesia dilakukan oleh Lembaga Penjaminan Mutu. Penilaian kinerja dilakukan berdasarkan kriteria yang ada, yaitu penilaian Tri Dharma Perguruan Tinggi, kehadiran  bimbingan konsultasi dan penilaian diluar tugas utama. Dalam penilaian kinerja yang dilakukan belum ada software khusus yang membantu proses penilaian, dalam perhitungan nilai juga hanya didapat dari perkalian nilai setiap kriteria dengan bobot, dengan penggunaan metode diharapkan penghitungan akan lebih detail. Berdasarkan kondisi yang ada dibutuhkan suatu sistem yang dapat membantu proses penilaian kinerja dan sistem yang memenuhi kondisi tersebut adalah sistem pendukung keputusan karena sistem dapat membantu mengambil keputusan berdasarkan kriteria yang ada. Sistem pendukung keputusan menggunakan metode Preference Ranking Organization  Method For Enrichment Evaluation (PROMETHEE), alasan memilih metode ini karena dalam perhitungan komputasi efisien dan memiliki kemampuan untuk mengukur kinerja relatif dari alternatif- alternatif  keputusan dalam bentuk matematis sederhana, selain itu metode ini juga didasarkan pada konsep dimana alternatif terpilih yang  tidak hanya memiliki jarak terpendek dari solusi ideal positif, namun juga jarak terpanjang dari solusi ideal negatif. Hasil dari penelitian ini adalah sistem pendukung keputusan dapat digunakan untuk menilai kinerja setiap dosen di Universitas Sari Mutiara Indonesia dengan lebih tepat berdasarkan kriteria yang ada.

Kata kunci -  Penilaian kinerja dosen, Sistem Pendukung Keputusan, PROMETHEE


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/cess.v3i2.10033

Article Metrics

Abstract view : 715 times
PDF - 801 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science)

Creative Commons License
CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License