Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Lambung Menggunakan Metode Case Based Reasoning Berbasis Web

Amriana Amriana, Deny Wiria Nugraha, Rahma Tanti

Abstract


ABSTRAK

Penyakit lambung merupakan penyakit yang tidak bisa dianggap remeh, karena jika dibiarkan terus menerus dapat mengakibatkan penyakit yang lain muncul dan bisa juga menyebabkan kematian jika tidak segera ditangani. Penyakit lambung dapat disebabkan oleh pola makan yang tidak sesuai, beban pikiran dan juga infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Dengan adanya permasalahan tersebut maka penelitian ini hanya dapat memberikan diagnosis penyakit lambung yaitu Gastritis, Dispepsia, dan Gerd. Gejala yang diberikan ke dalam sistem berdasarkan gejala dari dokter umum.

Penelitian ini bertujuan untuk membuat sistem pakar diagnosa penyakit lambung menggunakan metode Case Based Reasoning (CBR), dimana dapat membantu para penderita lambung dalam mendiagnosa penyakit yang menyerang lambung, dengan menggunakan metode Case Based Reasoning (CBR). CBR dikembangkan dari sistem pembelajaran berbasis kesamaan (similarity) dan dengan perhitungan Certainty Factor.

Berdasarkan pengujian dan analisis sistem pakar diagnosa penyakit lambung menggunakan metode Case Based Reasoning (CBR) berbasis Web, mampu mendiagnosis 3 penyakit lambung (Gastritis, Dispepsia, dan GERD) dengan perhitungan nilai kepastian menggunakan metode certainty factor dan perhitungan kemiripan dengan metode Case Based Reasoning (CBR).

 

Kata Kunci : Sistem Pakar, Diagnosa penyakit lambung, Metode Case Based Reasoning, Similarity, Certainty Factor.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/cess.v5i1.13596

Article Metrics

Abstract view : 1762 times
PDF - 1172 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science)

Creative Commons License
CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License