KOMBINASI ALGORITMA FUZZY SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (FUZZY-SAW) DENGAN PREFERENCE RANKING ORGANIZATION METHOD FOR ENRICHMENT EVALUATION (PROMETHEE II)

Chairil Umri, Tulus Tulus, Syahril Efendi

Abstract


Pada penelitian ini dilakukan Kombinasi Algoritma Fuzzy Simple Additive Weighting (Fuzzy-SAW) dengan Preference Ranking Organization Method for Enrichment Evaluation (PROMETHEE II) untuk mendapatkan goal berupa informasi hasil akurasi dengan mengkombinasikan algoritma Fuzzy Simple Additive Weighting (Fuzzy-SAW) dengan Preference Ranking Organization Method For Enrichment Evaluation II (PROMETHEE II). Data yang diolah pada penelitian ini berupa dataset  Indian Liver Patient Dataset (ILPD) yang diperoleh dari UCI Machine Learning Repository yang memiliki 583 instance, 11 atribut dan 1 label kelas. Label kelas bertipe teks yang terdiri dari dua nilai, yaitu penderita liverdan bukan penderita liver.Hasil percobaan dari segi running time dapat dilihat bahwa running time algoritma Kombinasi dalam menyelesaikan perhitungan lebih besar dibandingkan dengan algoritam Fuzzy SAW, ini disebabkan karena tingkat kompleksitas algoritmanya lebih besar dibandingkan dengan algoritma Fuzzy SAW. Hasil percobaan nilai akurasi untuk algoritma Fuzzy SAW dengan nilai akhir lebih besar dari 0.5, 0.4 dan 0.3 adalah 71.35%. Hasil percobaan nilai akurasi untuk algoritma Kombinasi dengan nilai akhir lebih besar dari 0.5 adalah sebesar 72.55%, lebih besar dari 0.4 adalah sebesar 74.09% dan lebih besar dari 0.3 adalah sebesar 71.01%. Jadi nilai akhir yang baik untuk algoritma Kombinasi adalah lebih besar dari 0.4.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/cess.v4i2.14173

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science)

Creative Commons License
CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License