Rancang Bangun Dashboard Dalam Memonitoring Jumlah Mahasiswa Baru

Margaretha Yohanna, Yolanda Yulianti Pratiwi Rumapea

Abstract


Tujuan penting perguruan tinggi dalam membantu pemerintah di bidang Pendidikan yaitu menghasilkan generasi muda yang berkarakter dan berkualitas. Untuk mendukung hal tersebut dibutuhkan suatu sistem yang baik, salah satunya sistem informasi yang dapat memonitoring jumlah mahasiswa baru. Sistem informasi penerimaan mahasiswa baru di salah satu universitas swasta di kota Medan masih bersifat konvensional, dimana pencatatan data-data mahasiswa baru masih berupa teks dan angka. Dengan adanya sistem dashboard yang dikembangkan, memudahkan baik pihak Rektorat maupun Dekanat dalam mengatur strategi dalam mencapai jumlah mahasiswa baru sesuai dengan target yang telah ditetapkan. Selain itu melalui dashboard dihasilkan tampilan yang menarik yaitu dalam bentuk grafik yang relevan sehingga pihak Rektorat dan Dekanat dapat dengan mudah memantau jumlah mahasiswa baru. Penelitian ini menggunakan data mahasiswa baru di salah satu perguruan tinggi swasta di kota Medan. Dari dashboard yang dihasilkan dan dilakukan analisis dapat dilihat jumlah mahasiswa baru yang mendaftar mencapai 83% dari target yang telah ditetapkan oleh pihak Rektorat dari tahun 2015-2019.

Kata Kunci: Dashboard, grafik, mahasiswa baru.

Full Text:

PDF

References


Y. Muhamad, F.Ade, H. Uswatun, and A. Siti. 2012. Dashboard Information System Evaluasi Sistem Penerimaan Mahasiswa (Sinema) pada Perguruan Tinggi Raharja. Konferensi Nasional ICT-M Politeknik Telkom (KNIP), ISSN 2302-1896, pp. 276-280.

N.B. I Gst Ngurah, W.I Gst Ngurah. 2017. Visualisasi Dashboard Penerimaan Mahasiswa Baru di STIKOM Bali. Konferensi Nasional Sistem dan Informatika, pp. 401-406.

Parmenter, D. 2007. Key Performance Indicator: Developing, Implementating, and Using Winnning KPI, John Wiley and Sons Inc, New Jersey.

A. Haryono. 2012. Pengembangan Sistem Informasi Pengolahan Data Pegawai Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 4 Pacitan. J. Speed – Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, vol. 4, no. 3, pp. 1–9.

D. Ridho. 2018. Pembangunan Dashboard Lokasi Rawan Tanah Longsor di Indonesia Menggunakan Tableau.2018. Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol 4, no 2, ISSN 2443-2229, pp. 254-267.

M. Ropianto. 2017. Pemanfaatan Sistem Dashboard Pada Data Akademik Di Sekolah Tinggi Teknik (STT) Ibnu Sina Batam. Jurnal Teknik Ibnu Sina JT-IBSI, vol 2, no 2, pp. 67–71.

A. D. Aipassa, I. Darmawan, and R. Andreswari. 2017. Pembuatan Dashboard Pada Sistem Informasi Pengadaan Barang dan Jasa dengan Metode Extreme Programming (Studi Kasus Logistik Universitas Telkom). Eproceedings of Engineering, paper 4.1, pp. 1005–1011.

D. Nurmalasari, R. T. Wahyuni, and Y. Palapa. 2015. Informational Dashboard untuk Monitoring Sistem Drainase secara Real-Time. JNTETI (Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi), vol. 4, no. 3.

T. Imam. 2016. Perancangan Data Warehouse Untuk Mndukung Kebutuhan Informasi Penjualan dalam Pengambilan Keputusan (Studi kasus: Sesko Mart). Tugas Akhir Universitas Widyatama.

M. Ropianto. 2017. Pemanfaatan Sistem Dashboard Pada Data Akademik Di Sekolah Tinggi Teknik (STT) Ibnu Sina Batam. Jurnal Teknik Ibnu Sina JT-IBSI, vol. 2, no. 2, pp. 67–71.




DOI: https://doi.org/10.24114/cess.v5i1.15511

Article Metrics

Abstract view : 153 times
PDF - 103 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science)

Creative Commons License
CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License