Proses Control System Pada Mesin Stamping Berbasis Internet Of Thing

Gun Gun Maulana, Suharyadi Pancono

Abstract


Di era modern seperti sekarang ini kompetisi didunia bisnis hampir terjadi disemua bidang, tak terkecuali pada bidang manufaktur dimana mereka harus beradapatasi dengan teknologi agar produksi tetap bisa bertahan, salah satu alat produksi pada bidang manufaktur adalah mesin stamping dimana mesin stamping merupakan mesin bertenaga pneumatik, hidrolik atau mekanik yang digunakan untuk menekan sebuah benda dan menghasilkan benda baru dengan volume yang lebih padat.  Dalam dunia industri perusahaan membutuhkan sebuah sistem kontrol yang handal  untuk merealisasikan otomasi industri dengan tingkat efesiensi yang tinggi, sehingga kegiatan perawatan dan pemantauan mesin tidak membutuhkan biaya yang mahal dan rumit karena informasi dapat diterima dengan cepat dan mudah. Process Control System Berbasis Internet of Thing adalah alat pengontrol produksi yang digunakan untuk membantu pihak management dan operator dalam mendapatkan informasi tentang kondisi suatu mesin di plant dan memvisualisasikannya. Alat kontrol tersebut sangat penting dalam membantu industri untuk mencapai tujuan produksi yang diinginkan, mengurangi waktu yang terbuang dan meningkatkan hasil produksi. Adapun hasil yang diharapkan adalah sebuah Process Control System pada Mesin Stamping Berbasis Internet of Thing agar informasi dapat ditampilkan melalui grafik secara realtime dan reliable; serta data yang tersimpan di dalam database dan dapat diakses secara berkala, baik per minggu, per bulan, ataupun per tahun. Serta informasi dapat di akses kapanpun dan dimanapun melalui perangkat smarphone berbasis android sehingga proses kontrol produksi menjadi lebih efektif dan efisien.

Kata Kunci : Process Control System, Android, Stamping Machine, Internet of Things


Full Text:

PDF

References


H. Prasetyo and W. Sutopo, “Industri 4.0: Telaah Klasifikasi Aspek Dan Arah Perkembangan Riset,” J@ti Undip J. Tek. Ind., vol. 13, no. 1, p. 17, 2018.

H. Hery, P. Endi, and N. R. U. Niel, “Sistem monitoring proses produksi pada mesin bardi di pt. Tirta investama (Danone aqua) sukabumi berbasis Android,” Setrum, vol. 3, no. 1, pp. 26–34, 2014.

Potdar Snehal Dilip & S. R. Jagtap, “REMOTE MONITORING & CONTROLLING OF REAL TIME INDUSTRIAL tnPARAMETERS WITH GSM & ETHERNETtn,” Int. J. Electron. Commun. Instrum. Eng. Res. Dev. , vol. 3, no. 3, pp. 1-10t, 2013.

P. Cowling and M. Johansson, “Using real time information for effective dynamic scheduling,” Eur. J. Oper. Res., vol. 139, no. 2, pp. 230–244, 2002.

A. Snatkin, K. Karjust, and T. Eiskop, “Real time Process Control Systemin SME,” Proc. Int. Conf. DAAAM Balt. , no. April, pp. 573–578, 2012.

S. K. Subramaniam, S. H. Husin, and Y. Yusop, “Machine efficiency and man power utilization on production lines,” Proc. 8th WSEAS Int. Conf. Electron. HARDWARE, Wirel. Opt. Commun., no. May 2014, pp. 70–75, 2011.

H. Meyer, F. Fuchs, and K. Thiel, Manufacturing Execution Systems optimal design, planning, and deployment. McGraw Hill, New York, 2009.

S. Siva Kumar, H. Siti Huzaimah, Y. Yusmarnita, and H. Abdul Hamid, “Real time production performance monitoring system a production aid for all industries,” Int. Conf. CIRCUITS, Syst. Electron. SIGNAL Process., no. December, pp. 181–184, 2007.

S. Sukaridhoto, Bermain dengan Internet of Things & BigData. Surabaya: Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, 2016.

A. H. Saptadi, “Sistem Akuisisi Data Multiplatform Berbasis PC dengan Tampilan Hasil di Twitter,” J. Rekayasa Elektr., vol. 11, no. 5, p. 157,2015.

J. Desember and T. Andrasto, “Pengembangan Sistem Database Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Dosen Unnes,” Emit. - J. Tek. Elektro, vol. 5, no. 2, 2013.

A. H. Saptadi, “Perbandingan Akurasi Pengukuran Suhu dan Kelembaban Antara Sensor DHT11 dan DHT22,” J. INFOTEL - Inform. Telekomun. Elektron., vol. 6, no. 2, p. 49, 2014.

M. A. Amarullah and A. Suprianto, “Penggunaan Algorithma AES-RIJNDAEL Pada Sistem Enkripsi Dan Dekripsi Untuk Komunikasi Data,” vol. 25, no. 2, pp. 31–39, 2015.




DOI: https://doi.org/10.24114/cess.v6i1.21180

Article Metrics

Abstract view : 984 times
PDF - 585 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science)

Creative Commons License
CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License