PENERAPAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING DALAM PEMILIHAN TABLET PC UNTUK PEMULA

Satria Yudha Prayogi

Abstract


Abstrak — Teknologi berkembang secara terus-menerus menyebabkan sumber daya manusia juga harus berkembang untuk mengikutinya. Banyak produk – produk teknologi baru bermunculan yang diiringi dengan persaingan antara vendor raksasa teknologi dalam memasarkan produknya. Mulai dari ponsel yang dulunya hanya dimiliki oleh para eksekutif dan pebisnis kini dapat dimiliki oleh semua orang dari latar belakang apa saja, dari yang tua sampai yang muda. Setelah ponsel, muncul gadget baru bernama tablet. Ukurannya yang lebih besar dari ponsel membuat gadget ini memiliki ciri khas tersendiri. Setelah itu ada lagi phablet yang merupakan gabungan antara phone dan tablet. Namun kebutuhan manusia yang semakin banyak membuat para vendor teknologi harus memikirkan produk baru yang mampu mengimbangi kebutuhan manusia dengan baik. Tablet PC merupakan salah satu dari jawaban itu. Namun karena banyaknya produk di pasaran membuat pembeli bingung yang mana yang cocok untuk keperluannya, khususnya para pemula. Hanya dengan membaca info produk melalui majalah atau internet kadang tidak cukup untuk menemukan produk mana yang cocok untuk mereka gunakan. Dengan memanfaatkan konsep Sistem Pengambilan Keputusan  dengan metode Simple Additive Weighting  (SAW) dan menggunakan aplikasi Mirosoft Visual Studio 2008 serta database MS Access 2007 dapat diimplementasikan untuk membuat analisa sistem dengan merancang aplikasi untuk menentukan Tablet PC yang cocok untuk digunakan oleh para pemula

Keywords :  Sistem Pendukung Keputusan, Simple Additive Weighting, Tablet PC, Mirosoft Visual Studio 2008, MS Access 2007


Full Text:

PDF

References


Afshari, Alireza, et al. (2010). “Simple Additive Weighting Approach To Personel Selection problem”. International Journal of Innovation, Management and Technology, Vol. 1, No. 5.

Deni, Widayanti, et al. (2013). “Analysis and Implementation Fuzzy Multi-Attribute Decision Making SAW Method for Selection of High Achieving Students in Faculty Level”. IJCSI International Journal of Computer Science Issues, Vol. 10, Issue 1, No. 2.

Ge, Yingchun, et al. (2013). “A Decision Support System For Irrigation Water Allocation Along The Middle Reaches Of The Heihe River Basin, Northwest China”. Journal Elsevier.

Manokaran, E., et al. (2011). “Application of Multi Criteria Decision Making Tools and Validation with Optimization Technique-Case Study using TOPSIS, ANN & SAW”. IJMBS, Vol. 1, Issue 3.

Pristiwanto. (2014). “Sistem Pendukung Keputusan Dengan Metode Simple Additive Weighting Untuk Menentukan Dosen Pembimbing Skripsi”. Majalah Ilmiah Informasi dan Teknologi Ilmiah (INTI), Vol. 11, No. 1.

Riyani, et al. (2010), “Sistem Pendukung Keputusan Sertifikasi Badan Usaha Pelaksana Jasa Konstruksi Pada BPD GAPENSI Kaltim”. Jurnal Informatika Mulawarman, Vol. 5, No. 01.

R. Fitria Rachmawati, (2011). “Sistem Pengambilan Keputusan Terhadap Ketidakdisiplinan Siswa Smp Di Smp Yza 1 Kota Bogor”. Jurnal Ilmiah Teknologi dan Informasi Volume 2

Tripathi, K. P. (2012). “Decision Support System Is A Tool For Making Better Decision In The Organization”. Indian Journal Of Computer Science And Engineering (IJCSE), Vol. 2, No. 1.

Wibowo, Henry, dkk. (2009). “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Penerima Beasiswa Bank Bri Menggunakan Fmadm (Studi Kasus:Mahasiswa Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia)”. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI)




DOI: https://doi.org/10.24114/cess.v1i1.4034

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science)

Creative Commons License
CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License