ANALISIS SISTEM KEAMANAN JARINGAN DENGAN MENGGUNAKAN SWITCH PORT SECURITY

Oris Krianto Sulaiman

Abstract


Abstrak — Perkembangan teknologi dalam jaringan komputer lambat laun semakin pesat seiring dengan meningkatnya kebutuhan akan akses jaringan yang efisien , stabil dan cepat serta kemanan yang handal. Salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas dalam jaringan adalah network security atau keamanan jaringan, banyak teknik yang dapat dilakukan dalam meningkatkan keamanan jaringan, baik dengan membangun sistem firewall, dengan menggunakan layer7 protocol maupun dengan port security, port security memanfaatkan port-port yang ada untuk mengizinkan akses ke jaringan, switch port security merupakan suatu kemampuan perangkat switch untuk mengamankan jaringan LAN (Local Area Network) terdapat beberapa jenis switch port security yang digunakan yaitu default/ static port security, port security dynamic learning dan sticky port security, penulis akan melakukan analisis terhadap masing-masing jenis switch port security untuk menentukan kehandalan, kegunaan dan pemanfaatannya dilapangan.

Keywords :  network security, port security, switch port security


Full Text:

PDF

References


Jemi Y B, Kusrini, Sudarmawan, “Analisis aspek keamanan informasi jaringan komputer (studi kasus: stimik kupang)”, Seminar Nasional Informatika 2013 (semnasIF 2013) ISSN: 1979-2328, UPN ”Veteran” Yogyakarta, 18 Mei 2013.

Salah Alabady,, “Design and Implementation of a Network Security Model for Cooperative Network”, International Arab Journal of e-Technology, Vol. 1, No. 2,pp.26-37 , June 2009.

Marin, G.A., "Network security basics," Security & Privacy,

IEEE , vol.3, no.6, pp. 68‐72, Nov.‐Dec. 2005.

Dr. Hussein Al-Bahadili, Dr. Ali H. Hadi, “Network

Security Using Hybrid Port Knocking”, IJCSNS International Journal of Computer Science and Network Security, VOL.10 No.8, pp.8-12 ,August 2010.

Sakshi S, Gurleen S, Prabhdeep S “Security enhancing of a LAN network using hardening technique” International Journal of Innovative




DOI: https://doi.org/10.24114/cess.v1i1.4036

Article Metrics

Abstract view : 11350 times
PDF - 8004 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science)

Creative Commons License
CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License